Gubernur Ajak Generasi Muda Ikut Berperan di Sektor Pertanian

oleh -25 Dilihat
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberikan beasiswa kepada anak petani di Lampung

Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak generasi muda untuk berperan mengembangkan sektor pertanian guna mengelola potensi pertanian di daerah.

“Provinsi Lampung ini memiliki potensi sumber daya alam melimpah di sektor perikanan dan pertanian di antaranya padi, jagung, ubi kayu, nanas, pisang, pepaya, tebu, kopi, lada, kakao, kelapa sawit dan perlu pengelolaan yang baik atas potensi yang ada ini,” ujar dia di Bandar Lampung, Jumat (15/7/2022).

Ia mengatakan dengan adanya sumber daya alam yang melimpah tersebut masih banyak tantangan yang harus dihadapi, salah satunya jumlah petani dan penyuluh pertanian yang semakin berkurang dan rendahnya minat pemuda untuk mengelola sektor pertanian.

“Minat pemuda untuk bertani sekarang rendah. Jadi petani didominasi usia tua. Oleh karena itu, saya menginisiasi untuk memberikan beasiswa bagi anak petani yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan di bidang pertanian,” katanya.

Menurut dia, pemberian beasiswa tersebut bertujuan untuk menumbuhkan keinginan generasi muda berperan serta di sektor pertanian.

“Setelah nanti lulus, kembali ke desa dan bangun desa agar desa maju dan sektor pertanian pun terus berkembang,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, perlu pula pembinaan kepada petani untuk memanfaatkan perkembangan teknologi.

“Pembinaan kepada petani untuk memanfaatkan teknologi di bidang budi daya ataupun teknologi pertanian lainnya sangat penting untuk mewujudkan pertanian yang modern,” tambahnya. (Red, DN)

Video : Narapidana 17 Tahun Tewas di LPKA, Tubuh Dipenuhi Luka Lebam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.