Bus Listrik Merah Putih Akan digunakan Untuk KTT G20

oleh -10 Dilihat
Bus Listrik Merah Putih untuk KTT G20
Bus Listrik Merah Putih (BLMP) yang akan digunakan pada pelaksanaan KTT G20 Indonesia pada November 2022 mendatang.

Jakarta- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan PT Inka melakukan kerja sama dalam pembuatan Bus Listrik Merah Putih (BLMP) yang akan digunakan pada pelaksanaan KTT G20 Indonesia pada November 2022 mendatang.

Pengembangan bus listrik Merah Putih adalah hasil kerja sama PT INKA dan sejumlah perguruan tinggi Indonesia, di antaranya Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair) dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Para dosen dan mahasiswa juga turut dilibatkan dalam proses riset, pembuatan desain, dan pengembangan bus listrik tersebut melalui program sabatikal dosen di industri dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Para mahasiswa yang terlibat akan melakukan magang bersertifikat di PT Inka selama satu semester untuk dapat terjun langsung dalam proses ini.

Keterlibatan para mahasiswa tersebut merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan PT Inka mengenai pengembangan kendaraan listrik di lingkungan pendidikan tinggi.

Pengembangan Bus Listrik Merah Putih akan terus dilakukan sehingga nantinya dapat digunakan di kota besar di Indonesia, yakni Surabaya dan Bandung.

Pembuatan Bus Listrik Merah Putih sudah berjalan sejak Februari 2022 dan masih terus berlangsung hingga saat ini. Ditargetkan bus ini akan selesai pada bulan Oktober 2022 mendatang dan dapat difungsikan sebagai bus umum. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.