17 Rekening Investasi Ilegal Diblokir PPATK

oleh -2 Dilihat
Rekening Investasi Ilegal
Ada 17 rekening investasi ilegal yang diblokir oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Jakarta- Ada 17 rekening investasi ilegal yang diblokir oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Di mana hal itu dilakukan karena ada pemantauan terhadap aliran dana dari investor ke berbagai pihak terkait dengan produk investasi ilegal.

“Per 24 Maret PPATK kembali melakukan penghentian sementara transaksi yang diduga berasal dari tindak pidana berupa investasi ilegal yang berasal dari 17 rekening dengan nilai Rp77,945 miliar,” kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, Jumat (25/3/2022).

Diketahui, sementara transaksi yang diduga berasal dari tindak pidana berupa investasi ilegal sebesar Rp502,88 miliar dengan jumlah 275 rekening.

Dia pun memastikan bahwa PPATK terus memantau dan melakukan analisis terhadap dugaan tindak pidana investasi ilegal.

Adapun hasil analisis, modus aliran uang tersebut cukup beragam, seperti disimpan dalam bentuk aset kripto, penggunaan rekening milik orang lain dan kemudian dipindahkan ke berbagai rekening di beberapa bank untuk mempersulit penelusuran transaksi.

Kemudian, lembaga sentral (focal point) dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang (TPPU) di Indonesia, PPATK terus berkoordinasi dengan FIU dari negara lain.

Lalu, PPATK memiliki kewenangan dalam melakukan penghentian sementara transaksi selama 20 hari kerja dan selanjutnya berkoordinasi serta melaporkan kepada penegak hukum terhadap transaksi mencurigakan dalam nominal besar terkait dengan investasi yang diduga ilegal.

Sebagai informasi, pelaporan yang disampaikan oleh Pihak Pelapor (Penyedia Jasa Keuangan dan Penyedia Barang dan Jasa) ke PPATK juga dimaksudkan untuk menjaga Pihak Pelapor dari risiko hukum dan reputasi.

Ini juga sebagai cara mencegah pemanfaatan Pihak Pelapor sebagai sarana dan sasaran oleh pelaku kejahatan untuk mencuci hasil tindak pidana. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.