BMKG Ingatkan Warga di Sekitar Pesisir Waspadai Gelombang Tinggi

oleh -5 Dilihat
high wave
BMKG menginformasikan prakiraan tinggi gelombang yang kemungkinan terjadi sebagian perairan di Indonesia dalam laman resmi bmkg.go.id. (Foto/Ilustrasi)

Jakarta-BMKG menginformasikan prakiraan tinggi gelombang yang kemungkinan terjadi di wilayah perairan seluruh Indonesia dalam laman resmi bmkg.go.id.

Ada 57 area perairan yang mengalami gelombang rendah, yaitu 0,5 – 1,25 meter (m). Selain itu, 44 area perairan berpotensi mengalami gelombang tinggi 2,5 – 4 m.

Kemudian, ada dua wilayah perairan yang mengalami gelombang paling tinggi, yaitu 4 – 6 m. Prakiraan tinggi gelombang ini berlaku Minggu (16/1/2022) mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

BMKG akan memperbarui prakiraan gelombang jika terjadi indikasi gelombang tinggi lebih dari 1,25 meter (m) dan bertahan selama 12 jam ke depan di sekitar perairan Indonesia.

Selain itu, BMKG juga mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan batas risiko tertinggi untuk berlayar. Untuk perahu nelayan, batas risiko tertinggi kecepatan angin lebih dari 15 knot, dan tinggi gelombang lebih dari 1,25 m.

Sementara untuk kapal tongkang, batas risiko tertinggi yaitu lebih dari 16 knot untuk kecepatan angin, serta batas gelombang paling tinggi yaitu lebih dari 1,5 m.

Batas risiko tertinggi keselamatan untuk kapal ferry yaitu ketika kecepatan angin lebih dari 21 knot dan saat tinggi gelombang lebih dari 2,5 m.

Kemudian, untuk kapal besar seperti kapal kargo/kapal pesiar, batas kecepatan angin tertinggi ketika lebih dari 27 knot, serta melampaui batas gelombang paling tinggi yaitu lebih dari 4 m.

BMKG memperingatkan masyarakat yang tinggal di sekitar area pesisir yang berpeluang mengalami gelombang tinggi agar selalu waspada. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.