Google Doodle Hari Ini Tampilkan Roehana Koeddoes, Sang Jurnalis Perempuan Pertama Indonesia

oleh -
Tampilan google doodle hari ini, Senin (8/11/2021)./ss

Diskursus Network – Google doodle hari ini, Senin (8/11/2021) menampilkan Roehana Koeddoes. Dalam laman pencarian, ia ternyata adalah sosok jurnalis perempuan pertama yang diberi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo pada 2019 lalu di Istana Negara.

Perempuan hebat ini lahir di Koto Gadang, Kecamatan Ampekkoto, Sumatera Barat pada 20 Desember 1884. Ia meninggal di Jakarta bertepatan dengan hari kemerdekaan RI, yakni 17 Agustus 1972.

Saudara perempuan Sutan Syahrir itu diberi gelar pahlawan oleh keputusan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan dengan Presiden.

Semasa hidupnya, Roehana yang hidup pada satu zaman dengan RA Kartini, juga merupakan pendiri surat kabar perempuan pertama di Indonesia. Padahal zaman itu diketahui adalah masa-masa perempuan sulit mendapat akses pendidikan karena dibatasi.

Surat kabar “Poetri Hindia” yang didirikan pada 1908 di Batavia, adalah kiprah pertamanya di dunia jurnalistik, sekaligus ditaja sebagai koran perempuan pertama di Indonesia.

Ia juga sempat mendirikan surat kabar Soenting Melajoe dan berkarya di surat kabar Oetoesan Melajoe yang terbit sejak 1911. Dalam perjuangannyamelawan penjajah, Roehana juga merupakan pelopor beridirinya dapur umum dan badan sosial untuk para pejuang. [Tim DN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.