Dugaan Jurnalis Lampung Diintimidasi Oknum Jaksa, Taufik Basari: Jika Benar Harus Ditindak!

oleh -
Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari saat memberikan pernyataan ke awak media di Mapolsek Natar, Minggu (24/10/2021)./FOTO: Tasya

Lampung Selatan – Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari menanggapi dugaan kasus intimidasi seorang jurnalis oleh oknum jaksa di Kejaksaan Tinggi Lampung, beberapa hari lalu.

Taufik mengatakan, dalam menjalankan tugas-tugas jurnalisme, seorang jurnalis berhak mendapatkan jaminan perlindungan.

“Saya berharap bisa dicarikan jalan keluarnya. Tapi yang jelas, saat menjalankan tugas-tugas jurnalismenya, seorang jurnalis berhak mendapatkan perlindungan,” katanya saat ditemui usai gelar perkara tersangka pupuk oplosan di Mapolsek Natar, Lampung Selatan, Minggu (24/10/2021).

Ia berharap permasalahan ini bisa dapat solusi terbaik, dan ia juga meminta pihak Kejati Lampung untuk menyikapi kasus ini secara serius.

“Untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, harus ditelusuri dan jika perlu ada tindakan disiplin sebagai satu bentuk respon dari pihak Kejati Lampung,” tambahnya.

Selanjutnya terhadap oknum jaksa tersebut, jika benar sudah mengintimidasi jurnalis, maka perlu adanya tindakan pendisiplinan.

“Kemudian perlu adanya komunikasi yang baik bagi jurnalis maupun organisasi jurnalis, agar hubungan institusi penegak hukum dan jurnalis dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Berita Terkait Baca: AJI & PWI Kecam Oknum Jaksa Intimidasi-Ancam Jurnalis Lampung Soal Kasus Illegal Logging

Sebelumnya, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung mengecam oknum jaksa berinisial AN yang diduga mengintimidasi jurnalis media online suara.com Ahmad Amri.

Selain intimidasi, pegawai kejaksaan yang bertugas di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung itu juga mengancam Amri dengan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Ancaman dan intimidasi tersebut diterima Amri ketika mengonfirmasi berita tentang dugaan oknum jaksa menerima uang dari keluarga terpidana kasus illegal logging.

Peristiwa itu terjadi di lantai dua Kejati Lampung. Tak hanya intimidasi dan ancaman, si oknum jaksa pun membawa dua orang untuk mencari Amri. []

Laporan Reporter: Anindita Aisyah Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.