Hai Pencari Kerja, Manfaatkanlah ‘SiGajah’ Untuk Temukan Pekerjaan Idamanmu

oleh -
Kadisnaker Lampung Agus Nompitu

Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung segera meluncurkan portal aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan Daerah (Sigajah) guna mempertemukan pencari dan penyedia pekerjaan di wilayahnya.

“Dalam waktu dekat kami juga akan meluncurkan portal aplikasi Sigajah. Ini upaya kami agar para pencari kerja baik mereka yang lulusan SMA/SMK atau perguruan tinggi dapat terserap oleh perusahaan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Lampung, Agus Nompitu dilansir dari Antara, Kamis (30/9/2021).

Ia menjelaskan bahwa dalam portal aplikasi Sigajah berbasis internet dan dapat dibuka melalui laman https://disnaker.lampungprov.go.id/ tersebut nantinya akan terdapat beberapa menu utama seperti Sigajah Kerja, Sigajah Latih, Sigajah Magang, dan Sigajah Konsultasi.

Kemudian, lanjut dia, Sigajah Kerja merupakan layanan guna mempertemukan pencari kerja dan penyedia lapangan kerja sedangkan Sigajah Latih merupakan layanan bagi mereka yang memiliki kemampuan dan kualifikasi yang disyaratkan oleh dunia industri.

“Jadi mereka yang memiliki kualifikasi tadi harus daftar dahulu di Sigajah Latih untuk diberikan pelatihan lebih lanjut dan apabila ada yang ingin melakukan magang mereka tinggal daftar di Sigajah Magang,” kata dia.

Ia pun berharap apabila portal aplikasi Sigajah ini sudah diresmikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, masyarakat atau pencari kerja tidak sulit lagi dalam mendapatkan informasi pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi mereka.

“Jadi In syaa Allah di aplikasi ini semua rinci. Mereka bisa lihat perusahaan mana yang membutuhkan pekerja, jabatannya apa, persyaratan apa saja, sehingga ketika mereka memasukkan dokumen dapat akurat,” kata dia.

Ia pun mengimbau agar perusahaan-perusahaan di Lampung dapat mendaftarkan diri dan melakukan register di aplikasi ini untuk membuka lapangan kerja sehingga diharapkan tidak ada close rekrutmen.

“Jadi kita harapkan tidak ada perusahaan yang membuka lowongan kerja secara diam-diam atau untuk kalangan tertentu bahkan kami sedang menyiapkan Peraturan Gubernur (Pergub) nya agar perusahaan mendaftarkan diri. Jadi kami juga ingin perusahaan ikut dalam aplikasi ini supaya informasi yang diberikan lebih valid, akurat dan rapih,” kata dia. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.