Presidensi G20 Diharapkan Bisa Atasi Tantangan Covid-19 dan Perubahan Iklim

oleh -0 Dilihat
Presidensi G20 Diharapkan Bisa Atasi Tantangan Covid-19 dan Perubahan Iklim
Presidensi G20 Diharapkan Bisa Atasi Tantangan Covid-19 dan Perubahan Iklim

Diskursusnetwork- Presidensi G20 Indonesia tahun ini bertujuan untuk mengatasi beberapa tantangan yang paling mendesak, seperti penanganan COVID-19 dan perubahan iklim.

Kedua hal tersebut membutuhkan kerja sama global yang lebih kuat di antara anggota-anggota G20 di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini.

Peran Indonesia sebagai jembatan antara negara maju dan negara berkembang sangat penting dalam membangun kerja sama global yang lebih baik, penyediaan barang publik dan percepatan pencapaian TPB/SDGs.

Melalui Diskusi Meja Bundar Think 20 Indonesia: Ketahanan PascaCOVID-19 dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 yang diselenggarakan pada 25 Juli 2022, Think 20 membahas tiga isu utama, yaitu Mengatur Target Iklim, Transisi Energi dan Perlindungan Lingkungan, Memajukan Kesehatan Global, Keamanan dan Kesiapsiagaan, serta Percepatan Kerja Sama Global untuk Pembiayaan TPB/SDGs.

Peran organisasi filantropi dalam pembiayaan pembangunan sangat penting untuk pemulihan ekonomi.

Para menteri keuangan G20 dan gubernur bank sentral berkomitmen untuk mendukung transisi yang tertib, adil, dan terjangkau menuju emisi gas rumah kaca yang rendah dan ekonomi yang tahan terhadap iklim.

Policy Brief T20 Gugus Tugas 3 juga lebih memperhatikan Pembiayaan Iklim dan Harga Karbon pada peran G20 dalam meningkatkan kapasitas bank pembangunan nasional dan dana iklim nasional terutama di negara berkembang.

Rekomendasi tersebut juga menunjukkan bahwa G20 dapat membantu dalam membangun platform bersama untuk pusat investasi energi terbarukan dan pembiayaan ekonomi sirkular.

Selain mengatasi masalah energi, iklim, dan lingkungan, juga dibutuhkan teknologi alternatif.

(Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.