Persiapan Peluncuran GovTech Indonesia Semakin Matang, Menteri PANRB: Inisiatif Percepatan Transformasi Digital

oleh -0 Dilihat
panrb
Menteri PANB, Abdullah Azwar Anas.(PANRB)

Jakarta – Tidak lama lagi, Indonesia akan menyaksikan peluncuran Government Technology (GovTech) yang bertepatan dengan Summit Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada tanggal 27 Mei 2024 di Istana Negara. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan secara intensif termasuk koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga untuk memastikan kelancaran dan integrasi Layanan Digital Prioritas Terpadu.

“Kami, di Kementerian PANRB sebagai Ketua Tim Koordinasi SPBE, telah berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Kementerian BUMN, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, serta lembaga-lembaga seperti BSSN dan BRIN dalam mempersiapkan SPBE Summit dan GovTech,” kata Anas di Jakarta, Minggu (26/05/2024).

Menteri Anas menambahkan bahwa inisiatif GovTech tidak hanya sekedar aplikasi baru, melainkan merupakan upaya menyeluruh dalam menyederhanakan dan memperbaiki cara pemerintah menyediakan layanan kepada masyarakat.

“GovTech yang akan diluncurkan oleh Presiden bukan hanya sebuah aplikasi, melainkan suatu mekanisme baru yang mengintegrasikan berbagai layanan pemerintah untuk memudahkan masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: Bocoran Menpan RB Terkait Penerimaan CASN 2024 dan Pemindahan ASN ke IKN

SPBE Summit 2024 diharapkan menjadi titik balik dalam upaya pemerintah untuk mengoptimalkan layanan digital yang berorientasi pada kebutuhan warga, atau citizen centric. Acara ini juga akan memperkenalkan jenama GovTech sebagai penyedia solusi integrasi layanan digital pemerintah, yang mencakup infrastruktur, portal nasional, dan layanan digital publik prioritas.

“Kami juga akan melakukan penandatanganan komitmen oleh para pimpinan kementerian/lembaga yang terlibat dalam sembilan layanan SPBE prioritas,” ungkap Anas.

Selain itu, SPBE Summit akan memberikan penghargaan “Digital Government Award” kepada instansi pemerintah yang telah menunjukkan penerapan SPBE yang terbaik di berbagai kategori.

Dengan adanya SPBE Summit dan peluncuran GovTech, Menteri Anas berharap Indonesia akan memasuki era baru yang lebih efisien, transparan, bebas korupsi, dan terutama lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. “Ini adalah langkah maju bagi Indonesia dalam memanfaatkan teknologi untuk transformasi layanan publik,” tutup Anas.(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.