Menjelajahi Soto Ayam Enak di Jakarta, Enak dan Bikin Ngiler

oleh -0 Dilihat
soto ayam

Diskurusus Network – Jakarta, ibu kota Indonesia, adalah surga kuliner yang menawarkan beragam jenis makanan lezat dari seluruh penjuru nusantara. Salah satu hidangan yang paling populer dan dicintai oleh masyarakat Jakarta adalah soto ayam, dengan kuah kaldu ayam yang gurih dan berbagai bumbu rempah, menjadi hidangan yang cocok dinikmati kapan saja, baik pagi, siang, maupun malam hari. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa tempat di Jakarta yang menyajikan soto ayam paling enak dan menggugah selera.

soto ayam

Soto ayam adalah hidangan tradisional Indonesia yang terdiri dari kaldu ayam yang disajikan dengan irisan daging ayam, bihun atau soun, telur rebus, kentang goreng, dan ditaburi dengan bawang goreng serta seledri. Kuahnya biasanya berwarna kekuningan karena penggunaan kunyit, yang merupakan salah satu bahan utama dalam bumbu soto. Soto adalah salah satu kuliner khas Nusantara. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki hidangan soto dengan kekhasan masing-masing. Kekayaan bumbu di Indonesia bisa dirasakan dalam semangkuk soto. Oleh sebab itu, soto adalah hidangan pas untuk teman makan nasi.

Warung Soto Ceker dan Ranjau Pak Gendut

Warung Soto Ceker dan Ranjau Pak Gendut 1
(sumber: @selamat_makan_)

Kawasan Sabang, Jakarta Pusat, dikenal sebagai salah satu pusat kuliner Jakarta. Salah satu yang paling terkenal adalah Warung Soto Ceker dan Ranjau Pak Gendut ini. Sesuai namanya, Soto Ceker di sini wajib coba karena rasanya sangat gurih. Jangan lupa coba Soto Ranjau yang isian sotonya terdiri atas tulang-tulang ayam dan tulang lunak ayam. Selain itu, kedai soto ini juga menyediakan soto ayam madura, soto babat, dan soto kikil. Harga menu sotonya berkisar antar Rp17.000 – Rp28.000. Tersedia juga aneka gorengan untuk pendamping makan soto, seperti tahu, tempe, dan aneka sate. Harga gorengannya dari Rp2.000 – Rp6.000.

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

soto ayam
(sumber: @sotoayam_paksadi)

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi adalah tempat lain yang wajib dikunjungi bagi pencinta soto di Jakarta. Terletak di kawasan Melawai, Blok M, terkenal dengan kuahnya yang kaya rempah dan daging ayam yang lembut. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1971 dan telah mempertahankan resep aslinya hingga kini.

Yang membuat soto di sini istimewa adalah koya yang dibuat dari campuran kerupuk udang dan bawang putih yang digoreng, memberikan rasa gurih yang unik pada kuahnya. Selain itu, mereka juga menyediakan sambal yang pedasnya pas, menambah kelezatannya.

Baca juga Menemukan Kelezatan Soto Betawi di Tangerang Selatan: 4 Penjual Terbaik yang Tak Boleh Terlewat

Soto Ayam Ambengan Cak Sikin

soto ayam
(sumber: www.horego.com)

Untuk yang sering beraktivitas di sekitar Stasiun Juanda, Jakarta, Soto Ayam Ambengan Cak Sikin selalu siap membantu untuk mengisi perut kamu. Soto nikmat dengan daging yang melimpah dan kuah kuning bening yang segar memang pas disantap ketika lagi lapar-laparnya. Kedai soto yang buka sejak tahun 1995 ini juga menyediakan aneka jeroan sate dan kerupuk untuk dinikmati bersama kuah soto. Selain soto ayam, tersedia juga soto daging dan soto Madura. Tinggal dipilih yang sesuai selera kamu. Harga seporsi soto ayam mulai Rp16.000. Murah, kan?

Soto Kudus Ayam Kampung Kembang Joyo

soto ayam
(sumber: @kyirfano)

Salah satu variasi soto ayam adalah Soto Lamongan. Hidangan asal Jawa Timur ini memiliki ciri khas berupa kuah yang kental dengan taburan bumbu koya yang gurih. Salah satu kedai soto Lamongan terkemuka di Jakarta adalah Soto Lamongan Jaya Agung. Konon, kedai soto ini merupakan pelopor hadirnya kedai soto ayam Lamongan di Jakarta. Bisa jadi karena sudah buka sejak era Gubernur Ali Sadikin (tahun 1970-an).

Selain soto Lamongan yang gurih dan kaya rasa, kedai soto ini menawarkan beberapa menu khas Jawa Timur lainnya. Seperti, Soto Madura, gulai dan sate kambing, serta sop kaki dan sate ayam. Harga mulai Rp15.000.

Jakarta memang menawarkan banyak pilihan tempat untuk menikmati soto ayam yang lezat dan autentik. Setiap tempat penjual soto menawarkan keunikan dan kelezatannya sendiri. Dengan berbagai varian dan cita rasa, soto ayam di Jakarta tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga menjadi bagian penting dari kuliner ibu kota. Jika Anda adalah pecinta soto ayam atau sekadar ingin mencoba kuliner khas Indonesia, mengunjungi tempat-tempat ini akan memberikan pengalaman yang memuaskan dan bikin ngiler. Selamat menikmati petualangan kuliner Anda di Jakarta!

Kunjungi informasi pariwisata dan kuliner menarik lainnya di Diskursus Parekraf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.