Pemerintah Tutup Pelunasan Biaya Haji Tahap II, Nyaris 200 Ribu Jemaah Sukses Melunasi

oleh -0 Dilihat
Pemerintah Tutup Pelunasan Biaya Haji Tahap II, Nyaris 200 Ribu Jemaah Sukses Melunasi
Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab. (Sumber: Humas Kemenag)

Jakarta- Kementerian Agama Republik Indonesia mengumumkan penutupan Tahap II pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) untuk jemaah reguler tahun haji 1445 H/2024 M. Dari data terakhir, tercatat 194.744 jemaah reguler telah berhasil melunasi biaya haji mereka.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab menyampaikan, bahwa jumlah tersebut terdiri dari 192.874 jemaah reguler, 1.484 Petugas Haji Daerah (PHD), dan 386 anggota Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

“Kami mengapresiasi keseriusan para jemaah dalam mempersiapkan ibadah haji mereka tahun ini. Pelunasan tahap II ini merupakan langkah penting dalam proses pra-keberangkatan,” kata Mujab saat Konferensi Pers di Jakarta, pada Selasa (26/03/2024).

Menurutnya, dengan total kuota haji Indonesia tahun ini mencapai 241.000, yang terbagi menjadi 213.320 untuk jemaah reguler dan 27.680 untuk jemaah haji khusus, masih terdapat sisa kuota yang belum terisi. Hal ini membuka kemungkinan bagi Kementerian Agama untuk mempertimbangkan pembukaan tahap pelunasan selanjutnya.

“Kami sedang meninjau kemungkinan membuka tahap pelunasan lanjutan untuk memaksimalkan jumlah jemaah haji tahun ini. Keputusan ini akan segera kami informasikan setelah pertimbangan mendalam,” ujarnya.

Saiful Mujab juga menekankan, bahwa saat ini terdapat 26.351 jemaah dengan status cadangan yang telah melunasi biaya, yang akan berkesempatan mengisi kuota yang tersisa. Pihak Kementerian Agama berharap dengan terpenuhinya kuota, semakin banyak umat Islam Indonesia yang dapat menunaikan ibadah haji. (DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.