Presiden Jokowi Apresiasi Kinerja KPU dan Bawaslu Atas Kelancaran Pemilu 2024

oleh -0 Dilihat
bawaslu
Presiden RI Joko Widodo

Jakarta – Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atas dedikasi dan kerja keras mereka dalam melaksanakan proses rekapitulasi dan penghitungan suara Pemilihan Umum 2024. Pengumuman ini disampaikan saat Presiden melakukan peninjauan di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (21/03/2024).

Dengan adanya penyelesaian proses penting ini, Presiden menegaskan, “Kita harus mengucap syukur bahwa proses penghitungan dan rekapitulasi suara Pemilu telah berakhir dengan lancar, dikerjakan oleh KPU. Saya sangat menghargai usaha yang telah dilakukan dan kerja keras dari semua pihak di KPU dan Bawaslu, yang mana ini merupakan bukti komitmen mereka terhadap pelaksanaan demokrasi yang efisien dan akuntabel,” ucap Presiden.

KPU sebelumnya telah merampungkan rekapitulasi suara untuk Pemilu 2024, yang dirangkum dalam Rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Nasional yang diadakan pada 20 Maret 2024.

Baca juga: Terima 20 Aduan Dugaan Pelanggaran Rekapitulasi, Bawaslu Siap Hadapi PHPU Di MK

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menginformasikan, “Kami telah menyelesaikan Rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Nasional untuk Pemilu 2024 pada hari Rabu, 20 Maret 2024,” menandakan proses pemilu yang transparan dan terstruktur.

Keberhasilan rekapitulasi ini tercatat dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 yang mencakup penetapan hasil Pemilu untuk Presiden dan Wakil Presiden, serta anggota lembaga legislatif di semua tingkatan secara nasional.

Pemilu 2024, yang proses rekapitulasi suaranya dijadwalkan antara 15 Februari hingga 20 Maret 2024 sesuai dengan peraturan KPU, kini telah mencapai puncaknya dengan penetapan resmi hasil pemilihan yang menandai kelanjutan praktik demokrasi di Indonesia. (DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.