9 Sekolah Unik di Indonesia, Tujuannya Mulia Bikin Kagum

oleh -0 Dilihat
9 Sekolah Unik di Indonesia, Tujuannya Mulia Bikin Kagum
Sekolah unik tidak hanya menyediakan pendidikan yang tidak biasa, tetapi juga memberi kesempatan kepada mereka yang tidak berpunya.

Jakarta- Sekolah unik di Indonesia ternyata eksis dan menawarkan konsep pendidikan yang berbeda dan bisa membuat kamu bersyukur atas apa yang kamu miliki saat ini. Sekolah unik tidak hanya menyediakan pendidikan yang tidak biasa, tetapi juga memberi kesempatan kepada mereka yang tidak berpunya.

Sekolah unik memiliki kurikulum yang umumnya spesifik pada satu bidang sehingga bisa mengembangkan kemampuan khusus yang tidak bisa didapatkan di sekolah umum. Penasaran sekolah unik apa saja yang ada di Indonesia? Simak daftar dan ulasan berbagai sekolah unik di negeri ini di sini.

Daftar Sekolah Unik di Indonesia

Sekolah unik di sini adalah sekolah yang menyediakan pendidikan khusus di bidang tertentu yang umumnya tidak ada di sekolah umum. Sekolah unik juga adalah sekolah dengan konsep yang tidak biasa. Selain itu, sekolah unik juga dapat diartikan sebagai sekolah yang dibuka untuk kelompok individu tertentu. Berikut adalah 9 sekolah unik,kreatif, dan bikin kagum yang ada di Indonesia.

1. Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJ)
Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJ) adalah salah satu sekolah unik di Indonesia yang didirikan untuk membantu anak jalanan dan orang tua kurang mampu. Fenomena anak jalanan dan orang tua yang tidak mampu menyekolahkan anaknya membuat kehadiran SAAJ menjadi solusi dari masalah tersebut.

SAAJ dikelola oleh Agus Supriyanto dan berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan. SAAJ membuka 3 kelas, yaitu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK A2 untuk anak umur 5 – 6 tahun, dan TK A1 untuk anak umur 6 – 7 tahun. Biaya pendidikan dan seluruh kegiatan di sekolah ini seluruhnya ditanggung oleh para donatur.

2. Music School of Indonesia (MSI)
Music School of Indonesia (MSI) adalah sekolah unik khusus musik yang didirikan di tahun 2000. Sekolah ini bermula dari ide musisi harus mengajar dan belajar dari sesama musisi. Music School of Indonesia menyediakan program kerja yang cukup unik dimana program tersebut nantinya akan ditampilkan di perguruan tinggi.

Sekolah unik yang berlokasi di Jl. Sultan Iskandar Muda No 15B ini memiliki konsep apabila seseorang memiliki keinginan untuk bermain musik, maka mereka harus belajar dari musisi lain. Selain itu, sekolah juga harus memiliki lingkungan yang kreatif, kolaboratif, dan suportif sesuai dengan keinginan para siswa di sana.

3. Sekolah Lansia
Pendidikan harus terbuka untuk semua orang dimana mereka yang berpartisipasi tidak hanya anak di usia wajib sekolah, tetapi juga para lansia. Sekolah unik untuk Lansia (Lanjut Usia) memfasilitasi para lansia untuk menjadi warga yang produktif, tangguh, dan sibuk dengan berbagai kegiatan yang umumnya ada di sekolah.

Sekolah unik di Indonesia ini berlokasi di Kec. Kotagede, Yogyakarta. Heroe Poerwadi (Wali Kota Yogya) menyatakan kegiatan yang dilakukan tidak hanya berfokus pada upaya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran saja, tetapi juga kegiatan lain, seperti pembinaan mental, rohani, atau sosial kemasyarakatan.

4. 43 Racing School
Sesuai dengan namanya, 43 Racing School adalah sekolah balap motor yang bisa mencetak pembalap nasional maupun internasional. Sekolah unik ini didirikan oleh M. Fadli Imammudin di tahun 2016. Fadli Imammudin sendiri adalah mantan pembalap motor Supersport 600 cc dan atlet paralimpiade Indonesia.

43 Racing School adalah sekolah balap pertama yang fokus ada motor tipe dan racing bike dengan tingkatan yang berbeda. Untuk mendaftar dan menjadi siswa di sekolah tersebut, kamu harus menyiapkan biaya sebesar Rp 10 juta untuk melakukan latihan intensif selama 2 minggu dengan fasilitas yang memadai.

Tujuan pembentukan sekolah unik ini adalah menjembatani siswanya untuk berpartisipasi dalam ajang Honda Racing School, Asia Talent Cup, dan ajang lainnya. 43 Racing School memiliki sirkuit latihan utama di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor. Untuk tingkat dasar, kamu akan dilatih di Flat Track, Depok, Jawa Barat.

5. Esports Academy ID
Sekolah unik di Indonesia selanjutnya adalah Esport Academy ID yang khusus memberikan pendidikan untuk kamu yang ingin menjadi atlet esport berprestasi. Hadirnya sekolah ini memberikan angin segar pada minat besar generasi muda Indonesia pada esport dan pengembangan game serta cabor tersebut.

Esport Academy ID adalah sekolah esport pertama di Indonesia yang dibentuk oleh Edho Zell (Youtuber) yang bekerja sama dengan Arza Satria dan Hobert ‘Oddball’ Kurniawan. Ada banyak pelatihan, pembekalan, dan pembelajaran materi yang khusus mengulas game esport yang kamu sukai dan minati.

Contoh keunikan sekolah ini adalah adanya kurikulum pendidikan esport yang berlaku. Adanya kurikulum tersebut membuat Esport Academy ID bukan akademi main-main dimana pembahasan mengenai game, industri esport, perilaku, dan budaya diajarkan. Kegiatan kompetisi, scrim, dan coach guest juga ada.

6. Sekolah Khusus PSK
Sekolah unik khusus PSK (Pekerja Seks Komersial) bukan sekolah seks untuk kamu yang ingin menjadi PKS, melainkan sekolah yang mengajarkan pendidikan seks dan keterampilan untuk mereka yang berprofesi atau mantan PSK. Para pengajar di sekolah ini adalah relawan kesehatan, dokter, dan para pengrajin.

Keahlian yang diajarkan diantaranya membuat kerajinan tangan, membatik, dan keterampilan produktif lainnya. Selain pendidikan keterampilan, para PSK juga mendapatkan edukasi mengenai berbagai penyakit menular seksual, salah satunya HIV/AIDS dan undang-undang mengenai kekerasan dalam rumah tangga.

7. Sanggar Anak Alam
Sanggar Anak Alam adalah sekolah unik di Indonesia yang berada di Kab. Bantul, Yogyakarta. Sekolah ini memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen di luar ruangan. Sekolah yang dibangun oleh warga sekitar bernama Wahya ini mengajarkan mengenai pengetahuan kehidupan.

Wahya yang jenuh dengan sekolah dan menikah dini berpikir untuk apa sekolah sampai tinggi jika pengetahuan kehidupan kita nol. Siswa Sanggar Anak Alam diajarkan berbagai nilai kehidupan, seperti mandiri dan percaya diri. Nilai-nilai kehidupan tersebut diharapkan berguna untuk meraih cita-cita.

8. Sekolah Asisten Rumah Tangga (ART)
Salah satu sekolah terunik di indonesia adalah Sekolah Asisten Rumah Tangga (ART) yang berlokasi di Kompleks BTN Antang Jaya, Blok A No.7, Makassar, Sulsel. Sekolah yang eksis sejak Mei 2015 ini memberikan pengetahuan keterampilan ART dan pengetahuan mengenai undang-undang pekerja.

Selama ini ART mendapatkan risiko kekerasan, pelecehan seksual, perdagangan, dan eksploitasi pekerja anak. Para ART yang lulus dari sekolah ini akan mendapatkan sertifikat yang diharapkan berguna ketika ART melamar kerja dan upah yang mereka dapatkan layak sekaligus diakui sebagai pekerja profesional.

9. Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH)
Sekolah unik di Indonesia SOTH khusus untuk para orang tua yang ingin menjadi orang tua hebat yang mendidik anak balitanya dengan baik. SOTH atau Sekolah Orang Tua Hebat yang memberikan pendidikan pada orang tua bagaimana cara mendidik dan mengasuh anak balita agar kualitas pengasuhan meningkat.

SOTH bekerja sama dengan Universitas Ciputra Surabaya dan digagas oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Jawa Timur. SOTH yang merupakan pilot project ini diselenggarakan di 5 kecamatan, yaitu Lamongan, Sukodadi, Kalitengah, Sarirejo, dan Kembangbahu.

Sekolah unik di Indonesia membuat banyak orang menyadari bahwa pendidikan di Indonesia tidak selalu memihak mereka dengan bakat tidak biasa dan mereka yang termarjinalkan. Konsep pendidikan unik seperti yang ditampilkan pada berbagai sekolah unik boleh juga diterapkan pada sekolah umum.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.