7 Universitas di Timur Tengah yang Paling Banyak Diincar Pelajar Indonesia

oleh -0 Dilihat
7 Universitas di Timur Tengah yang Paling Banyak Diincar Pelajar Indonesia
Universitas di Timur Tengah yang paling banyak diincar pelajar Indonesia umumnya adalah universitas yang banyak menawarkan beasiswa

Jakarta- Universitas di Timur Tengah yang paling banyak diincar pelajar Indonesia umumnya adalah universitas yang banyak menawarkan beasiswa dan juga berkualitas. Dengan demikian, mereka dapat memperoleh beberapa keuntungan sekaligus.

Keuntungan ini tidak hanya berupa perolehan ijazah dan ilmu dari universitas bergengsi dengan biaya seminimal mungkin. Namun, keuntungan ini juga bisa berupa berwisata atau berziarah ke situs-situs budaya dan sejarah Islam di Timur Tengah. Mereka yang berkuliah di Arab Saudi bahkan juga bisa umroh berkali-kali.

7 Universitas di Timur Tengah yang Paling Banyak Diincar Pelajar Indonesia

Dahulu, universitas di Eropa, Australia, dan Amerika merupakan pilihan populer pelajar Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri. Namun kini, tidak hanya universitas di wilayah-wilayah tersebut saja yang diincar oleh mereka. Universitas di Timur Tengah juga menarik perhatian para pelajar Indonesia.

Para pelajar ini tidak hanya ingin belajar tentang agama Islam di universitas Islam Timur Tengah. Sebagian dari mereka juga ingin mengambil jurusan lain di universitas yang ada di sana. Berikut ini 7 universitas di timur tengah yang paling banyak diincar pelajar Indonesia.

1. King Abdulaziz University
King Abdulaziz University (KAU) adalah salah universitas bergengsi di Timur Tengah. Universitas tersebut berdiri pada tahun 1967 di Jeddah, Arab Saudi. Pada tahun 1974, status KAU berubah menjadi universitas negeri. KAU menawarkan beberapa fakultas dengan berbagai pilihan jurusan. Beberapa jurusan S1 di universitas ini adalah kedokteran, hukum, teknik mesin, serta bahasa dan sastra Arab.

Sementara itu, beberapa program S2 dan S3-nya adalah S2 teknik pertambangan, S2 ilmu komputer, S3 administrasi bisnis, dan S3 Statistik. Selain menawarkan banyak jurusan S1, S2, dan S3, KAU juga menawarkan fasilitas belajar yang lengkap.

Di universitas ini, ruang kuliah dibedakan antara putra dan putri karena pembelajaran mahasiswa dan mahasiswi dipisah. Pelajar Indonesia yang ingin belajar di KAU dapat mengikuti berbagai program beasiswa, contohnya beasiswa LPDP dan KAUST Scholarship.

2. King Saud University
Selain KAU, universitas di Timur Tengah yang paling banyak diincar pelajar Indonesia adalah King Saud University (KSU). Universitas ini lebih tua dari KAU karena dibangun pada tahun 1957. KSU merupakan universitas favorit para anggota keluarga kerajaan Arab Saudi.

Universitas yang terletak di Riyadh, Arab Saudi, tersebut juga menawarkan jenjang pendidikan S1, S2, dan S3, dengan jurusan yang sangat beragam. Di sini pelajar Indonesia dapat mengambil jurusan di fakultas kedokteran, humaniora, sains, teknik, dan ilmu sosial.

Fasilitas belajar dan rekreasi di King Saud University juga sangat lengkap. KSU memiliki 18 perpustakaan, 2 rumah sakit, dan masjid. Seperti juga di KAU, perkuliahan di KSU dilakukan secara terpisah antara mahasiswi dan mahasiswa.

Beberapa jurusan di KSU dapat diakses secara gratis. Selain itu, pelajar internasional, termasuk Indonesia, dapat mengikuti program beasiswa untuk kuliah di KSU. Namun, KSU menerapkan syarat kecakapan Bahasa Arab bagi pelajar internasional yang ingin kuliah di kampusnya.

3. Universitas Islam Madinah
Universitas Islam Madinah adalah universitas di Timur Tengah yang paling banyak diincar oleh pelajar Indonesia yang ingin mendalami agama Islam. Sebenarnya, universitas yang didirikan pada tahun 1961 ini tidak hanya menawarkan studi tentang agama Islam saja.

Mahasiswa juga dapat mengambil jurusan di fakultas sains, hukum, dan komputer di universitas tersebut. Universitas Islam Madinah juga menawarkan fasilitas yang lengkap, contohnya rumah sakit universitas, asrama, perpustakaan, dll.

Perkuliahan di jurusan umum di Universitas Islam Madinah dilakukan dengan pengantar Bahasa Inggris. Sehingga, mahasiswa internasional harus melampirkan tes TOEFL saat mendaftar. Selain itu, mahasiswa internasional tidak perlu cakap berbahasa Arab untuk mendaftar jurusan syariah.

Universitas Islam Madinah menawarkan program persiapan untuk membantu mereka menguasai Bahasa Arab. Keuntungan lain dari kuliah di universitas ini adalah dekat dekat dengan masjid Nabawi. Dengan demikian, mahasiswa dapat beribadah di masjid megah ini kapan saja. Mereka bahkan bisa menunaikan umroh saat menuntut ilmu di Universitas Islam Madinah.

4. Universitas Al Azhar Cairo
Salah satu universitas terbaik di Timur Tengah adalah Universitas Al Azhar di Cairo, Mesir. Sudah tak terhitung banyaknya mahasiswa Indonesia yang pernah berkuliah di universitas ini.

Universitas Al Azhar merupakan salah satu universitas tertua di dunia. Universitas ini didirikan pada tahun 900 an Masehi. Seperti juga universitas Timur Tengah lainnya, perkuliahan di Al Azhar dipisah antara mahasiswa putra dan putri.

Pilihan jurusan untuk putra dan putri pun juga berbeda. Mahasiswa putra memiliki lebih banyak pilihan jurusan daripada mahasiswi putri. Meski demikian, kualitas perkuliahan keduanya sama. Selain itu, jurusan ini mencakup bidang ilmu yang beragam, dari kedokteran hingga humaniora.

Bahasa pengantar perkuliahan di Universitas Al Azhar adalah bahasa Arab dan Inggris. Dengan demikian pelajar Indonesia yang ingin berkuliah di universitas ini harus menguasai dua bahasa tersebut.

Selain syarat penguasaan bahasa, calon mahasiswa Al Azhar juga harus hafal minimal 2 juz Al Quran. Pelajar Indonesia dapat berkuliah di Universitas Al Azhar dengan biaya sendiri atau melalui beasiswa, contohnya Beasiswa Kemenag dan Beasiswa ESED.

5. Qatar University
Qatar University juga merupakan universitas di Timur Tengah yang paling banyak diincar pelajar Indonesia. Universitas yang berdiri pada tahun 1979 ini banyak diminati karena berbagai faktor.Salah satunya adalah pilihan jurusan S1, S2, dan S3 yang sangat beragam. Selain itu, kualitas perkuliahan di Qatar University juga sangat terjamin.

Hal lain yang menarik minat pelajar Indonesia adalah banyaknya tawaran beasiswa ke universitas ini. Setiap tahun Qatar University Scholarship menawarkan banyak kesempatan beasiswa bagi pelajar internasional.

Fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa peraih beasiswa tersebut juga tidak main-main. Beberapa cakupan beasiswa ini adalah biaya kuliah penuh, biaya buku, akomodasi, tunjangan hidup, gaji bulanan, dan biaya perjalanan PP Indonesia-Qatar.

6. King Fahd University
Secara resmi, universitas ini bernama King Fahd University of Petroleum and Minerals. Dilihat dari namanya, King Fahd University adalah universitas yang hanya membuka jurusan yang berkaitan dengan pertambangan, pengolahan, dan bisnis minyak bumi serta mineral.

Namun, universitas ini sebenarnya juga menawarkan jurusan umum lainnya. Beberapa di antaranya adalah jurusan ilmu komputer, teknik perangkat lunak, arsitektur, dan akuntansi. Universitas yang terletak di kota Dhahran, Arab Saudi, ini menawarkan beasiswa kepada mahasiswa internasional. Beasiswa tersebut memiliki fitur yang menarik.

Contoh fitur tersebut adalah uang saku bulanan, asrama, pengobatan gratis, dan kesempatan umroh atau naik haji. Fitur yang terakhir ini tentu membuat banyak pelajar muslim Indonesia tertarik untuk menuntut ilmu di King Fahd University.

7. Universitas Al-Qarawiyyin Maroko
Universitas Al-Qarawiyyin di Maroko adalah universitas yang lebih tua dari Universitas Al Azhar. Beberapa ahli yakin bahwa Al-Qarawiyyin adalah universitas tertua di dunia dan didirikan pada tahun 850 an Masehi.

Sebagian besar jurusan kuliah yang ditawarkan di Universitas Al-Qarawiyyin berkaitan dengan studi Islam. Sehingga, universitas ini cocok untuk pelajar Indonesia yang ingin mendalami Islam.Salah satu daya tarik dari Al-Qarawiyyin adalah perpustakaannya. Di sini, mahasiswa dapat menemukan naskah-naskah kuno yang sangat berharga dalam sejarah peradaban Islam.

Universitas di Timur Tengah yang paling banyak diincar pelajar Indonesia kebanyakan berada di Arab Saudi. Hal ini tidak terlalu mengherankan mengingat kualitas pendidikan yang baik di negeri ini. Di sini, mahasiswa juga berkesempatan untuk umroh atau haji.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.