Jokowi: Akademi Militer Harus Beradaptasi Dengan Disrupsi

oleh -0 Dilihat
jokowi
Presiden RI Joko Widodo meresmikan Graha Utama Akademi Militer

Magelang – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Graha Utama Akademi Militer (Akmil) di Magelang di Kesatrian Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/01/2024).

“Pembangunan Graha Utama seluas 8.068 meter persegi ini akan sangat memberikan dorongan kepada kita semuanya untuk belajar lebih baik lagi, karena sarana prasarana pendidikan di akmil semakin lengkap dan semakin cangguh dan semakin modern,” kata Jokowi dalam sambutannya sebelum peresmian.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan pentingnya para taruna mempelajari berbagai bidang teknologi agar dapat bersaing dan menghadapi perubahan teknologi yang berubah sangat cepat.

“Disrupsi melanda semua negara, teknologi berubah sangat cepatnya. Akademi militer harus mampu dan mau beradaptasi dengan disrupsi, dengan perubahan teknologi.  Science, teknologi, engineering, matematika semua harus dipelajari. Kapal tanpa awak biasa, pesawat besar tanpa awak biasa, mobil tanpa awak dimana-mana. Drone dengan  face recognition depat mengejar target dengan tepat dan akurat,” katanya.

Baca juga: Sri Sultan Kasih Wejangan Soal Masa Depan dan Teknologi Ke Paslon Prabowo-Gibran

Dalam kesempatan itu, Menhan Prabowo mengatakan pembangunan Graha Utama Akmil Magelang merupakan bagian dan upaya mewujudkan pengembangan fasilitas pendidikan di institusi pendidikan militer. Dia berharap fasilitas itu dapat memiliki peran sentral dalam membentuk watak mental dan intelekualitas para calon pemimpin TNI dan pemimpin bangsa.

“Diharapkan pembangunan Graha Utama Akademi Militer Magelang dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan para taruna calon penerus bangsa dan dapat meningkatkan daya saing prajurit muda di kancah persaingan internasional,” ucap Prabowo.

Adapun acara juga turut dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad. Kemudian, mantan KSAD Jenderal (Purn) TNI Dudung Abdurachman, Gubernur Akmil Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, anggota Komisi I DPR RI Meutya Hafid, serta jajaran purnawirawan TNI di antaranya eks Wakil Predisen Ke-6 RI Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno. Selain para pejabat dari kementerian/lembaga terkait, hadir juga sejumlah pemengaruh (influencer) di antaranya Letnan Kolonel (Letkol) Tituler Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo atau Deddy Corbuzier. (DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.