Deretan Bidang Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2024

oleh -0 Dilihat
Deretan Bidang Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2024
Seiring perkembangan zaman, ada banyak sekali tenaga profesional yang dibutuhkan untuk berbagai aspek pekerjaan.

Jakarta- Pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2024 tentu perlu diketahui untuk bisa mengembangkan kemampuan diri sehingga mampu membuka kesempatan baru. Seiring perkembangan zaman, ada banyak sekali tenaga profesional yang dibutuhkan untuk berbagai aspek.

Tren pekerjaan tidak hanya mampu mendorong diri untuk dapat terus berkembang. Namun juga berpotensi memberikan penghasilan besar. Seiring perkembangan zaman, bidang kerja yang semakin dibutuhkan antara lain bidang teknologi dan marketing.

Digitalisasi saat ini membuat banyak perubahan yang mengharuskan sistem offline berubah menjadi online. Kondisi tersebut mengharuskan semua industri beradaptasi, yang awalnya dengan pekerjaan sistem konvensional menjadi digital.

sistem konvensional
Foto: Canva

Hal inilah yang membuat beberapa prospek pekerjaan akan mengalami peningkatan. Apa saja pekerjaan yang diprediksi akan banyak dicari dan memiliki prospek kerja 2025 bagus. Berikut informasinya.

1. Data Analyst
Perusahaan perlu mengambil keputusan berdasarkan data. Namun data yang banyak dan kompleks mengharuskan sistem pengelolaan yang baik agar bisa memberikan informasi secara akurat. Hal inilah yang membuat perusahaan membutuhkan data analyst.

Peranannya adalah untuk mengelola data perusahaan menjadi informasi. Setiap perusahaan tentu membutuhkan data analyst untuk dapat menjalankan operasional hingga strategi bisnis di masa mendatang. Tidak heran jika data analyst menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2024. Jika memiliki keterampilan dalam mengolah data, perdalamlah ilmu tersebut agar bisa mendapatkan peluang karir yang bagus.

2. Business Analyst
Pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2024 lainnya yaitu business analyst. Posisi tersebut dibutuhkan perusahaan untuk pengembangan bisnis di masa mendatang.

Tugas business analyst adalah menganalisis produk, sistem, hingga layanan sebuah perusahaan agar mampu bersaing dengan kompetitor. Selain itu juga harus membuat keputusan yang menguntungkan bagi perusahaan berdasarkan analisis data.

Berbagai kebutuhan perusahaan, pengumpulan data, perancangan sistem, hingga membuat dokumentasi menjadi tanggung jawab business analyst yang tentunya akan berpengaruh secara langsung terhadap alur bisnis perusahaan. Agar bisa menjalankan operasional bisnis dengan baik, perusahaan tentu membutuhkan business analyst.

3. Web Developer
Digitalisasi membuat pemasaran produk yang dahulu dilakukan secara offline beralih ke sistem online. Salah satu sarana yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan adalah melalui website.

Hal inilah yang membuat web developer menjadi pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2024. Melalui website, pemasaran produk, penyampaian informasi, menerima pesanan, hingga komunikasi dengan pelanggan bisa dilakukan secara efisien.

Web Developer
Foto: Canva

Bisnis bisa dikelola secara lebih praktis melalui website. Web developer dilirik oleh banyak perusahaan karena mempunyai kemampuan dalam pengembangan website yang berkaitan dengan sistem kerja. Untuk menduduki posisi web developer, keterampilan programming seperti HTML, CSS, dan UI/UX perlu dimiliki.

4. Digital Content Creator
Digitalisasi membuat kebanyakan sistem kerja beralih ke online. Hal ini membuat pemasaran pun lebih efektif jika dilakukan secara online.

Untuk itu, digital content creator akan menjadi pekerjaan yang banyak dicari tahun 2024. Bahkan sudah ada konten kreator yang memiliki penghasilan tinggi hingga milyaran rupiah. Pekerjaan ini memiliki peluang besar dan cukup menjanjikan.

Siapa saja bisa menjadi content creator dengan keterampilan komunikasi dan kreativitas tinggi. Hadirkan ide konten yang fresh sehingga mampu menarik banyak penonton. Saat ini sudah banyak sekali platform yang bisa digunakan seperti YouTube, TikTok, Instagram, dan lainnya.

5. Software Developer
Era digital sekarang ini membuat permintaan terhadap tenaga kerja software developer semakin meningkat. Hal tersebut terjadi karena berbagai layanan ditingkatkan hingga menghadirkan akses melalui aplikasi. Software developer bertugas membuat dan mengembangkan perangkat lunak yang digunakan untuk bisnis maupun pelanggan.

Kemampuan coding yang harus dikuasai antara lain seperti Java, Python, C++, SQL, dan lainnya. Software developer memiliki tanggung jawab terhadap keseluruhan proses dalam pengembangan sebuah aplikasi. Selain membuat, kegiatan testing, hingga pemeliharaan secara berkala juga perlu dilakukan agar fungsional aplikasi bisa tetap berjalan dengan baik dalam memenuhi kebutuhan tertentu.

6. Digital Marketing
Pemasaran digital saat ini lebih sering digunakan karena dirasa lebih efektif. Hal ini membuat posisi digital marketing terus dibutuhkan oleh perusahaan. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, pengguna sosial media dan internet terus mengalami peningkatan.

Artinya pemasaran secara digital tentu harus terus dilakukan untuk dapat menjangkau pelanggan. Hal ini juga menjadi alasan mengapa strategi dan sistem pemasaran digital mampu meningkatkan revenue perusahaan.

Jika menyukai bidang pemasaran, pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2024 seperti digital marketing bisa jadi pilihan. Tingkatkan kemampuan analisis sosial media, optimasi konten, dan lainnya agar bisa mendapatkan pekerjaan bagus yang sesuai dengan minat.

7. Tenaga Kesehatan
Tidak ada pihak yang bisa memprediksi kapan penyakit akan datang di masa depan. Seperti virus pandemi yang datang secara tiba-tiba dan melumpuhkan banyak aspek bisnis selama kurang lebih dua tahun.

Kondisi seperti ini membuat pekerjaan sebagai tenaga kesehatan semakin dibutuhkan untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan. Apabila ada penyakit bisa langsung diatasi agar tidak menjangkit banyak orang.

Untuk itu akan dibutuhkan lebih banyak tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, ilmuwan, dan bidan. Hingga beberapa tahun ke depan, jenis pekerjaan ini akan terus dibutuhkan dan memiliki potensi karir yang besar. Dibutuhkan keterampilan, ilmu, dan pendidikan khusus untuk dapat bekerja sebagai tenaga kesehatan.

8. AI Engineer
Prediksi pekerjaan paling dicari 5 tahun kedepan antara lain adalah AI Engineer. Perkembangan teknologi yang kian pesat memungkinkan perangkat lunak berbasis AI mampu membantu berbagai pekerjaan sehingga bisa lebih mudah untuk dilakukan.

AI Engineer
Foto: Canva

Bahkan pada kondisi tertentu, AI bisa menggantikan suatu bidang kerja. Tidak selamanya kehadiran AI berakibat buruk terhadap sistem kerja konvensional, namun apabila dapat dimanfaatkan secara baik maka dapat mempermudah sistematika yang sudah ada.

Jika suka mempelajari bidang teknologi, memperdalam ilmu tentang AI dapat memberikan peluang karir cemerlang di masa mendatang. Tidak hanya sebagai pengguna, mungkin saja kamu bisa menciptakan AI canggih nantinya. Untuk itu Engineer AI merupakan pekerjaan yang akan dibutuhkan seiring perkembang teknologi.

9. Financial Officer
Setiap perusahaan tentu membutuhkan financial officer untuk mengelola anggaran bisnis dengan baik. Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa memudahkan dalam proses pengelolaan financial. Namun tetap membutuhkan tenaga khusus dalam mengelola keuangan perusahaan.

Hal tersebut akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis di masa depan. Tanggung jawab seorang financial officer adalah melakukan perencanaan keuangan, mencatat pemasukan dan pengeluaran, hingga berurusan dengan berbagai aktivitas administrasi perusahaan lainnya.
Pengelolaan keuangan yang baik mampu mendukung pertumbuhan bisnis ke arah lebih baik sehingga pekerjaan ini tentunya akan terus dibutuhkan.

Dengan mengetahui pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2024, kamu bisa mempersiapkan diri secara lebih baik untuk bidang yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Hal ini dilakukan agar keterampilan bisa semakin ditingkatkan dan mendapatkan peluang karir yang lebih bagus. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.