Posisi Indonesia dari Kaca Mata Dunia Internasional

oleh -0 Dilihat
Posisi Indonesia dari Kaca Mata Dunia Internasional
Foto: Peta Indonesia

Jakarta- Posisi Indonesia dari kaca mata dunia Internasional strategis dan penting. Indonesia berada di kawasan yang tidak hanya strategis dalam bidang kelautan dan pariwisata, tetapi juga strategi di bidang pertahanan. Semenjak merdeka, Indonesia berperan aktif dalam berbagai upaya untuk menjaga perdamaian dunia.

Posisi Indonesia dalam politik dan ekonomi internasional tidak pernah lepas dari posisi strategis Indonesia sebagai negara kepulauan dan cita-cita bangsa menjaga perdamaian dunia. Partisipasi Indonesia dalam berbagai organisasi internasional selalu ditujukkan untuk memuliakan nilai-nilai dan kebudayaan bangsa.

Di era modern, Indonesia melalui politik luar negerinya mampu berperan sebagai penyeimbang kekuatan global sambil berusaha mengoptimalkan potensi kepulauan yang dimilikinya. Peran dan posisi Indonesia di kancah internasional bisa dipahami dalam berbagai aspek, dari aspek ekonomi sampai pertahanan.

Indonesia berada di posisi yang strategis dan kerap berperan penting dalam upaya untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk dihuni. Posisi Indonesia yang strategis membuat Indonesia menjadi negara dengan potensi pariwisata dan investasi yang besar. Sikap politik Indonesia jelas dan selalu bebas aktif.

Berikut adalah peran dan posisi Indonesia dari kaca mata dunia internasional

1. Indonesia adalah Negara Kepulauan dengan Keanekaragaman Hayati

Negara Kepulauan
Foto: Canva

Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya dengan keanekaragaman hayati. Jumlah pulau di Indonesia mencapai belasan ribu, tepatnya 17.508 pulau yang merupakan gabungan pulau besar dan kecil. Masih banyak pulau-pulau kecil yang tidak terjamah dan belum dieksplorasi dengan baik oleh pemerintah RI.

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak hal yang bisa mengundang siapapun untuk berkunjung dan berinvestasi. Keanekaragaman hayati dan kepulauan di Indonesia membuat posisi Indonesia menjadi subjek dari berbagai upaya pelestarian alam. Jumlah hutan di Indonesia salah satu yang terbanyak.

2. Berperan Penting di Organisasi Internasional

Berperan Penting
Foto: Suasana Jakarta

Indonesia menjadi anggota PBB pada 28 September 1950. Sejak menjadi anggota PBB, posisi Indonesia lebih banyak berperan dalam menjaga perdamaian dunia dan kooperasi negara-negara. Kiprah Indonesia di dunia Internasional bisa dilihat dari keterlibatan Indonesia dalam Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non Blok.

Selain itu, Indonesia aktif menjaga perdamaian di wilayah konflik regional maupun internasional melalui Misi Kontingen Garuda. Misi Garuda terlibat dalam upaya menjaga perdamaian di Timur Tengah dan Eropa Timur. Selain di masa lampau, posisi Indonesia juga aktif berperan di organisasi internasional pada masa kini.

• Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB 2019-2020. Indonesia mengedepankan pendekatan konstruktif dan menjadi ‘jembatan’ untuk anggota DK PBB. Indonesia juga pernah menjadi anggota DK PBB tidak tetap pada 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008.

• Indonesia menjadi anggota Dewan HAM PBB periode 2020-2022. Indonesia berupaya memenuhi komitmen penerapan HAM di tingkat global, nasional, dan regional. Indonesia juga pernah menjadi anggota Dewan HAM PBB pada periode 2006-2007, 2007-2010, 2011-2014, dan 2015-2017.

• Indonesia menjadi anggota ECOSOC (Dewan Ekonomi dan Sosial PBB) pada periode 2021-2023. Sebelumnya Indonesia sudah sering berada di sana sejak dekade 50-an. Indonesia berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam upaya mencapai Agenda Pembangunan Berkelanjutan.

3. Salah Satu Tempat Investasi Terbaik di Dunia

Tempat Investasi
Foto: UMKM

Posisi Indonesia dari kaca mata dunia Internasional bisa ditinjau dari sisi ekonomi dan bisnis. Indonesia adalah salah satu tempat investasi terbaik yang ada di dunia saat ini. Indonesia telah memenuhi 4 faktor penting yang membuat negara tersebut menjadi magnet bagi pebisnis untuk melakukan berbagai investasi.

4 faktor penting tersebut adalah sumber daya alam yang melimpah, potensi pasar yang besar dan beragam, efisiensi, dan aset strategi negara tujuan. Semua faktor sudah terpenuhi sehingga investasi di Indonesia bisa sangat menguntungkan. Selain keempat faktor tersebut tentu ada faktor penting lainnya.

Faktor penting lainnya tersebut adalah penindakan terhadap korupsi, ekonomi yang stabil, lingkungan pajak yang menguntungkan, kemampuan dan keterampilan tenaga kerja, dan pemanfaatan teknologi. Faktor ini terus mengalami perbaikan dan perkembangan sesuai dengan arah pembangunan nasional.

Di masa depan, Indonesia diyakini mampu memenuhi semua faktor tersebut. Bukti lain yang mendukung klaim Indonesia sebagai salah satu tempat investasi terbaik di dunia adalah hasil survei situs US News yang menampilkan Indonesia sebagai negara terbaik untuk investasi di urutan kedua, di bawah Meksiko.

Klaim situs US News tersebut bisa menjadi penanda sekaligus pemotivasi agar Indonesia bisa lebih baik lagi dalam mengembangkan banyak sektor yang berpotensi untuk investasi asing. Dari dalam, Indonesia hendaknya semakin selektif dalam memilih investor asing yang akan menanamkan modalnya di sini.

4. Surga Pariwisata yang Terus Berkembang

Surga Pariwisata
Foto: Bali

Posisi indonesia di dunia internasional di sektor pariwisata semakin jelas. Indonesia diklaim sebagai salah satu tempat pariwisata terbaik di Asia. Indonesia meraih berbagai penghargaan di bidang pariwisata, salah satunya peringkat pertama destinasi populer dari TripAdvisor Travelers Choice Awards 2021.

Bali tidak dapat dipisahkan dan memiliki peran besar dalam mempopulerkan Indonesia sebagai destinasi wisata favorit di Asia dan dunia. Bali selalu dikunjungi sampai ratusan wisatawan asing yang terus berdatang setiap hari. Tujuan wisata sangat beragam, dari mulai relaksasi, berbulan madu, bertualang, dan lain-lain.

Selain Bali, Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak destinasi wisata favorit yang terkenal, diantaranya Raja Ampat di Papua Barat, Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara, dan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Potensi pariwisata memang terus digali dan akan terus berkembang di masa depan.

5. Kekuatan Penyeimbang

Kekuatan Penyeimbang
Foto: Ilustrasi (Canva)

Tingkat strategis posisi Indonesia di mata dunia sudah diakui sejak lama. Dengan politik bebas aktif dan filosofi mendayung di antara dua karang, Indonesia akan selalu menjadi kekuatan penyeimbang di kala polarisasi kekuatan terjadi. Sekalipun di era multipolar saat ini, Indonesia berada di posisi yang sama.

Posisi Indonesia dari kaca mata dunia Internasional dalam bidang pertahanan dan konflik dunia konsisten berada di tengah. Di masa dimana Amerika Serikat dan Uni Soviet beradu kekuatan, Indonesia berada di antara keduanya dan kuat berada dalam Gerakan Non Blok. Posisi Indonesia selalu jelas.

Di era modern dimana China dan Amerika Serikat menjadi kekuatan utama di kawasan Asia Pastifik, Indonesia juga menjadi penyeimbang antara keduanya. Menghadapi potensi konflik di Laut Natuna Utara Utara atau LCS, Indonesia mengedepankan diplomasi dan perundingan untuk menjaga stabilitas kawasan.

Indonesia juga menjalin dialog dan komunikasi dengan AUKUS, aliansi Australia, AS dan Inggris yang hadir untuk menangkal agresivitas China di LCS. Kooperasi dan kerjasama tetap dilakukan sebagai upaya untuk mencegah konflik dari sudut pandang lain. Selain itu juga aktif memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Peran dan posisi Indonesia dalam politik internasional membuat negara dengan kekaayaan budaya yang beragam ini menjadi salah satu negara yang berpengaruh di kawasan Asia Tenggara, Asia Pasifik, bahkan di dunia. Populasi muslimnya yang besar juga memberi pengaruh besar pada daya tawar dan perannya pada isu-isu di dunia Islam.

Posisi Indonesia dari kaca mata dunia Internasional hendaknya dipahami dengan baik oleh setiap masyarakatnya. Bahwa NKRI adalah negara yang ternyata diperhitungkan dan berperan aktif dalam perdamaian dunia adalah sebuah kenyataan. Perang dan posisi tanah air tercinta akan terus kuat dan konsisten. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.