10 Kelebihan Asmaul Husna Untuk Kehidupan Sehari-Hari

oleh -0 Dilihat
10 Kelebihan Asmaul Husna Untuk Kehidupan Sehari-Hari
Asmaul Husna merupakan 99 nama baik Allah SWT yang melambangkan besarnya kekuatan-Nya

Diskursusnetwork- Kelebihan Asmaul Husna bagi kehidupan sangatlah beragam. Asmaul Husna merupakan 99 nama baik Allah SWT yang melambangkan besarnya kekuatan-Nya. Memahami dan menghafal Asmaul Husna mampu mendekatkan diri kepada Allah dan menjauhi kekufuran. Hal ini senantiasa dapat meningkatkan keimanan dan membuat doa yang dipanjatkan cepat terkabul.

Untuk itu sangat penting mengetahui sifat baik Allah. Tidak ada yang paling baik, Allah SWT sebaik-baiknya tempat bersandar, memohon, dan beriman. Ada banyak manfaat positif apabila mengamalkan Asmaul Husna, di antaranya mendapatkan jaminan masuk surga di hari akhir nanti. Selain itu juga mampu memberikan dampak positif bagi mental dan fisik untuk dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik dan barokah.

Kelebihan Asmaul Husna Apabila Dibaca Rutin

Memahami dan melafalkan Asmaul Husna secara rutin dapat mendatangkan manfaat dan berkah dalam kehidupan. Segala kebaikan dan perlindungan Allah akan datang dan membuat hidup menjadi lebih tenang.

Bacalah Asmaul Husna kapan saja agar mendapatkan limpahan rahmat dari Allah dan mendapatkan manfaatnya. Seperti apa kelebihan membaca Asmaul Husna setiap hari. Berikut Uraiannya.

1. Mendapat Keselamatan

Mendapat Keselamatan
Foto: Ilustrasi Canva

Pelindung terbaik adalah Allah dan Asmaul Husna dapat mengingatkan kembali tentang kebesaran Allah. Dalam Asmaul Husna ada nama Al-Mani yang memiliki arti mencegah, membela, dan menghalangi. Ada juga Al-Muqsith, Yang Maha Pemberi Keadilan.

Dengan mengamalkan Asmaul Husna, maka hidup akan senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah. Selain itu, rutin melakukan ibadah sunnah seperti salat dhuha, puasa sunnah, dan lainnya juga mampu memberikan perlindungan setiap saat sehingga dapat terbebas dari bahaya maupun hal buruk lainnya.

2. Memperluas Rezeki

Memperluas Rezeki
Foto: Ilustrasi Canva

Manfaat Asmaul Husna untuk rezeki bisa dirasakan apabila diamalkan setiap hari. Dalam Asmaul Husna terdapat beberapa nama yang menunjukkan kekuasaan dan keagungan Allah SWT. Diantaranya seperti Al-Ghaniyy yang memiliki arti Allah Maha Kaya.

Al-Mughni yang artinya Allah yang mencukupi. Bisa dikatakan sifat Allah sebagai penyedia dan pemberi kecukupan atau segala yang dibutuhkan hamba-Nya untuk dapat menjalankan hidup dengan baik. Oleh karena itu, ketika berusaha mencari rezeki sebaiknya dilakukan bersamaan dengan memanjatkan asmaul husna atau doa tulus kepada Allah agar diberikan kelapangan.

3. Mendapat Ampunan

Mendapat Ampunan
Foto: Ilustrasi: Canva

Manusia memang tidak luput dari kesalahan, dari yang disengaja hingga tidak disengaja. Namun menyadari dosa sekecil apapun yang diperbuat merupakan hal yang wajib dilakukan. Untuk itu kita harus senantiasa meminta ampun kepada Allah atas semua dosa agar bisa mendapatkan pengampunan. Salah satu nama baik Allah adalah Al Ghafuur yang berarti Yang Maha Memberi Pengampunan.

Allah akan mengampuni dosa umat-Nya yang bersungguh-sungguh dan senantiasa memperbaiki diri. Selain mendapatkan ampunan, rajin melafalkan Asmaul Husna mampu memberikan limpahan rezeki yang membuat hidup menjadi cukup. Seperti nama baik Allah, Al Muqiit (Yang Maha Pemberi Kecukupan).

4. Hati Menjadi Lebih Tenang

Hati Menjadi Lebih Tenang
Foto: Ilustrasi Canva

Membaca Asmaul Husna dapat memberikan ketenangan hati. Hal tersebut terjadi karena dengan melafalkan, kamu akan mengingat kebesaran Allah dan menjadi lebih tentram.
Walaupun menghadapi kesulitan, yakin dan percayalah bahwa Allah akan menolong dan memudahkan segalanya.

Berbagai kelebihan Asmaul Husna bisa didapatkan ketika rutin mengamalkannya. Kemuliaan akan diberikan kepada manusia yang mengingat nama-nama baik Allah.

5. Lebih Takut Kepada Allah

Lebih Takut Kepada Allah
Foto: Ilustrasi (Canva)

Salah satu nama baik Allah adalah Al-Aliim yang artinya Maha Mengetahui. Allah mengetahui segala sesuatu yang terlihat maupun yang tersembunyi. Juga mengetahui apa yang sudah terjadi dan belum. Untuk itu tidak akan ada yang luput dari pengetahuan Allah.

Manusia tidak bisa menyembunyikan apapun dari Allah. Mengetahui arti dari nama-nama baik Allah akan memberikan pemahaman mendalam tentang besarnya kekuasaan Allah sehingga bisa membuat manusia lebih takut dan bisa menjauhi perbuatan buruk.

Hal ini menjadi kelebihan Asmaul Husna yang bisa menjadikan diri kamu lebih baik. Dengan selalu mengingat Allah dan rajin beribadah, kemudahan hidup bisa didapatkan.

6. Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan Diri
Foto: Ilustrasi Canva

Jika merasa kurang percaya diri akan kemampuan yang dimiliki. Cara paling ampuh sebagai solusinya adalah membaca Asmaul Husna. Dengan memohon kepada Allah, kelancaran dalam setiap urusan bisa didapatkan.

Ketenangan hati juga bisa diberikan sehingga bisa termotivasi dan berpikir secara positif. Hal tersebut secara signifikan dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang. Seperti makna nama Al Waajid dengan arti Yang Maha Penemu.

Jika bisa meyakini dan memaknai nama baik Allah, maka rasa kepercayaan akan muncul. Allah dapat menentukan apapun yang dikehendaki-Nya dan tidak ada yang mampu menghalangi-Nya.
Sehingga percayalah, dengan usaha dan motivasi tinggi, segala tantangan bisa dilalui dengan baik.

7. Dipermudah Segala Urusannya

Dipermudah Segala Urusannya
Foto: Ilustrasi Canva

Hidup yang dijalani tentu tidak terlepas dari ujian. Namun dengan berserah diri kepada Allah, maka akan menemukan jalan terbaik untuk dapat melaluinya.

Dengan meminta kepada Allah melalui doa yang tulus dan lantunan Asmaul Husna dengan penuh pengharapan, semuanya akan dipermudah. Hal ini menjadi kelebihan membaca Asmaul Husna secara rutin. Allah akan melancarkan jalan umat-Nya yang bertaqwa.

Meskipun terasa sulit, namun dengan keyakinan dan rasa optimis, diri akan yakin bahwa Allah selalu melindungi. Sehingga tidak merasa khawatir.

8. Memperkuat Daya Ingat

Daya Ingat
Foto: Ilustrasi Canva

Tidak hanya untuk bermanfaat untuk menambah keimanan saja, namun kelebihan Asmaul Husna juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. Di antaranya adalah dengan memperkuat ingatan.

Rutin membaca Asmaul Husna dapat meningkatkan kecerdasan otak dan terhindar dari sifat lupa. Dalam menjalani hidup, lupa memang merupakan sifat yang wajar bagi manusia. Namun hal ini bisa saja menjadi masalah apabila melupakan sesuatu yang penting. Untuk dapat mencegah sifat tersebut, membaca Asmaul Husna dan rajin beribadah bisa jadi solusi terbaiknya.

9. Terjaganya Keharmonisan Rumah Tangga

Keharmonisan Rumah Tangga
Foto: Ilustrasi Canva

Setiap orang yang membangun rumah tangga tentu ingin mencapai sakinah, mawaddah, dan warrahmah. Adapun upaya yang bisa dilakukan untuk dapat tetap menjaga keharmonisan rumah tangga adalah senantiasa mengamalkan nama baik Allah.

Dalam nama baik Allah terdapat Al Waduud yang berarti Yang Maha Mengasihi. Dengan rajin melantunkan nama indah Allah, maka kehidupan rumah tangga senantiasa akan dilimpahi kasih sayang dan rasa kasih antar anggota keluarga.

Hal tersebut dapat membantu menciptakan keharmonisan dalam rumah tangga dan Allah akan mencukupkan apapun yang dibutuhkan. Sehingga bisa menjalani hidup yang tentram, barokah, dan tenang.

10. Menyeimbangkan Fungsi Otak

Menyeimbangkan Fungsi Otak
Foto: Ilustrasi Canva

Menghafal dan membaca Asmaul Husna bisa jadi nutrisi baik bagi otak agar dapat meningkatkan sistem kerjanya. Dengan rajin melafalkannya, otak kiri dan kanan dapat bekerja secara lebih seimbang. Didukung dengan makanan sehat, olahraga, dan pola hidup sehat membuat tubuh lebih prima secara fisik dan mental. Kelebihan bacaan ini dapat memberikan kehidupan baik sehingga perlu diamalkan.

Dalam Asmaul Husna, Al-Hakim artinya adalah Maha Bijaksana. Bisa didefinisikan memiliki kemampuan untuk bisa menentukan yang benar dan salah. Berbagai kelebihannya dapat dirasakan ketika diamalkan dalam kehidupan. Apabila dibaca secara rutin, maka bisa memberikan manfaat.

Untuk itu penting mengingat nama baik Allah. Hal tersebut dapat membuat pemahaman makna tentang Asmaul Husna bisa lebih mendalam. Asmaul Husna boleh dibaca kapan saja setiap kali menginginkannya. Namun lebih disarankan ketika dalam keadaan suci, seperti setelah salat, saat mengaji, dan lainnya. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.