Jenazah Mendiang Lukas Enembe Tiba di Papua Kamis Pagi

oleh -0 Dilihat
Lukas
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri

Jakarta – Mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe (56) meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, pada Selasa 26 Desember 2023 pukul 11.00 WIB.

Direncanakan, jenazah Lukas Enembe akan diberangkatkan pada Rabu malam (27/12/2023) dari Jakarta dan akan tiba di Jayapura pada Kamis sekitar pukul 09.00 WIT.

Menyikapi berita duka tersebut, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menyampaikan ucapan belasungkawa dan menegaskan bahwa Polda Papua akan memberikan pengamanan maksimal dalam kedatangan jenazah Lukas Enembe.

“Saya mewakili keluarga besar Polda Papua menyampaikan turut berduka yang mendalam atas berpulangnya saudara terkasih kita, bapak Lukas Enembe, pagi tadi sekitar jam 10.30. Semoga beliau diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Irjen Pol Mathius D. Fakhiri.

Guna mengantisipasi gangguan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Polda Papua telah menyiapkan sejumlah pengamanan mulai dari Bandara Sentani hingga ke rumah duka di Koya, Distrik Muara Tami.

Baca juga: Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Sempat Minta Berdiri Tegak Sebelum Meninggal Dunia

‘’Tentang situasi keamanan, semua tempat kami harap dalam kondisi kondusif maupun di Tolikara, Puncak, Lanny Jaya Dan Wamena. Tentunya kami akan membantu keluarga dalam penjemputan dari rumah duka hingga pemakaman, kami berharap keluarga membuka diri agar merelakan beliau sebagai pemimpin di Papua. Tentunya saya kapolda akan berkoordinasi dengan keluarga untuk pemakaman beliau, dan saya berharap untuk tetap menjaga situasi keamanan,’’ tegas Mathius

Kapolda juga berpesan agar tidak terjadi lagi aksi provokasi yang berujung pada gangguan keamanan seperti yang terjadi ketika mantan gubernur tersebut ditangkap KPK beberapa bulan lalu, sehingga menimbulkan kericuhan.

Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menegaskan bahwa Polda Papua akan terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Papua, serta memastikan proses pemakaman berlangsung dengan khidmat dan lancar.

“Keluarga belum memberikan informasi secara langsung kepada saya. Nanti keluarga akan memutuskan di mana almarhum akan dimakamkan. Ini sesuai dengan budaya internal kita di orang Papua, jadi tidak ada seperti anggapan orang begitu,” ungkapnya.

Sambil menunggu keputusan keluarga terkait pemakaman, Kapolda Papua mengajak masyarakat Papua untuk menjaga ketertiban dan menghormati suasana Natal yang sedang berlangsung. (DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.