10 PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics, Ada yang Mirip Mall!

oleh -0 Dilihat
PTS Terbaik di Indonesia
Sejumlah universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics

Jakarta- PTS terbaik di Indonesia bisa menjadi acuan bagi kamu yang sedang mencari referensi kampus untuk melanjutkan pendidikan. Meskipun kerap dipandang sebelah mata, beberapa perguruan tinggi swasta di Indonesia memiliki segudang prestasi dan program-program unggulan yang tak kalah dengan PTN.

Bahkan tak jarang PTS/ universitas swasta memiliki kualitas yang lebih baik dari universitas negeri, baik dari segi fasilitas, pelayanan, civitas akademika, dan lain sebagainya. Buat kamu yang penasaran, simak daftar kampus swasta terbaik di Indonesia berikut ini.

10 PTS Terbaik di Indonesia

Webometrics baru-baru ini mempublikasikan nama-nama kampus terbaik di Indonesia. Untuk mempermudah kamu dalam menentukan pilihan, berikut 10 universitas swasta terbaik di Indonesia 2023 versi Webometrics.

1. Telkom University

Telkom University
Foto: telkomuniversity.ac.id

Telkom University menduduki peringkat pertama dalam daftar perguruan tinggi swasta terbaik versi Webometrics 2023 dan peringkat 11 PTN dan PTS terbaik di Indonesia. Kampus ini didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Telkom University resmi didirikan pada tahun 2013 dan hingga saat ini telah memiliki 7 fakultas serta 50 program studi. Kampus swasta terbaik ini juga telah mengantongi akreditasi Unggul berdasarkan BAN-PT dan telah terakreditasi secara internasional.

Yang menarik, kampus PTS terbaik ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang ramah difabel. Terdapat pula beberapa fasilitas menarik di area kampus seperti toko buku, kantin dengan pembayaran digital, serta Ruang Sosial.

2. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara
Foto: campus.quipper.com

Universitas Bina Nusantara (Binus) merupakan salah satu PTS terbaik di Jakarta, bahkan Indonesia. Menurut peringkat internasional, Binus berada di urutan 1.531 dunia. Kampus yang terkenal prestisius ini berada di Jakarta Barat dan memiliki 8 lokasi kampus yang berbeda.

Perguruan tinggi swasta ini berdiri sejak tahun 1974 dan telah menjadi salah satu kampus terbesar dengan 7 fakultas, 4 program diploma, serta 51 program sarjana. Tersedia pula 6 program magister serta 2 program doktor dengan program unggulan masing-masing.

3. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang
Foto: Gramedia

Sebagai salah satu universitas bentukan Muhammadiyah, UMM telah menjelma menjadi kampus swasta terbaik di Indonesia. Kampus yang berlokasi di Malang, Jawa Timur ini menduduki peringkat 2.264 dunia dan rangking 25 terbaik se-Indonesia.

Per Mei 2023, Universitas Muhammadiyah Malang memiliki sekitar 39.000 mahasiswa dari berbagai jurusan. Terdapat 10 fakultas dengan 40 program studi, 13 program magister, 4 program doktor, 5 program vokasi, 6 program profesi, serta 6 program internasional.

PTS terbaik ini ternyata tidak hanya diminati oleh mahasiswa dalam negeri tetapi juga mancanegara. Terbukti dengan adanya 122 mahasiswa asing yang turut menimba ilmu di kampus ini.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Foto: Kompasiana

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) disebut-sebut sebagai saudara dari UMM karena keduanya memang sama-sama berada di bawah naungan Muhammadiyah. Kampus UMY menduduki peringkat 19 terbaik di Indonesia dan 1.974 di dunia.

Perguruan tinggi yang berlokasi di Bantul, Yogyakarta ini berdiri sejak tahun 1981. Saat ini terdapat 10 fakultas dengan 41 program studi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan moto Unggul & Islami, kampus ini memadukan pendidikan akademik dan agama demi terbentuknya manusia berkarakter.

5. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta
Foto: Instagram

PTS terbaik di Indonesia versi Webometrics yang selanjutnya adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kampus yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah ini berada di peringkat 33 terbaik se-Indonesia dan 2.720 peringkat dunia.

Institusi Muhammadiyah yang berdiri pada tahun 1981 ini dulunya dikenal dengan nama IKIP Muhammadiyah Surakarta. Sebelumnya UMS juga merupakan bagian dari FKIP Universitas Muhammadiyah Jakarta yang membuka cabang di Surakarta.

Pada tahun 2022, UMS menerima mahasiswa baru sebanyak 7.169 orang. Kampus ini memiliki 12 fakultas dengan 35 program studi sarjana, 19 program magister, 5 doktoral, 7 profesi, serta 11 program vokasi.

6. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana
Foto: mercubuana.ac.id

Universitas Mercu Buana berada di peringkat 24 terbaik se-Indonesia dan 2.316 dunia. Mercu Buana merupakan kampus swasta yang berdiri pada 22 Oktober 1985 dan telah mempunyai 3 kampus utama di berbagai lokasi di Jakarta seperti Meruya, Menteng, dan Pejaten.

Saat ini, Universitas Mercu Buana menawarkan 6 fakultas, 14 program studi sarjana, 2 program studi D3, 7 program magister, dan 1 program doktor. Tercatat mahasiswa yang masih aktif belajar di universitas ini adalah sebanyak 27.923 orang.

7. Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan
Foto: Instagram

Universitas Ahmad Dahlan merupakan kampus swasta yang berdiri di bawah naungan organisasi Muhammadiyah. Salah satu universitas terbaik di Indonesia ini memiliki gedung baru yang dikenal megah, bahkan disebut-sebut mirip dengan pusat perbelanjaan.

UAD menduduki peringkat 35 terbaik se-Indonesia dan 2.920 dunia. PTS terbaik ini mulanya dikenal sebagai IKIP Muhammadiyah Yogyakarta dan baru berubah menjadi Universitas Ahmad Dahlan pada tahun 1994.

8. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma
Foto: Instagram

Menduduki peringkat ke-36 di Indonesia, Universitas Gunadarma menjadi perguruan tinggi swasta terbaik yang cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa. Kampus di Depok, Jawa Barat ini menawarkan 6 fakultas dengan 18 program studi yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan.

Pendirian kampus Gunadarma bermula dengan berdirinya Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) pada tahun 1981. Kampus ini kemudian berganti nama menjadi STMIK Gunadarma lalu bergabung dengan STIE Gunadarma menjadi sebuah universitas.

9. Universitas Nahdlatul Ulama

Universitas Nahdlatul Ulama
Foto: Canva

Universitas Nahdlatul Ulama merupakan salah satu PTS terbaik di Indonesia yang berdiri di bawah naungan organisasi Nahdlatul Ulama. Sekolah tinggi ini didirikan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya yang dikenal dengan nama Sekolah Perawat Kesehatan YARSIS pada tahun 1979.

Pada tahun 2012, sekolah ini berubah menjadi universitas dan saat ini telah memiliki 6 fakultas dengan 16 program studi. Bahkan beberapa fakultas memiliki program internasional untuk program sarjana dan pascasarjana. Pada tahun 2022, Universitas NU menerima mahasiswa baru sebanyak 1.810 orang

10. Universitas Islam Sultan Agung

Universitas Islam Sultan Agung
Foto: Instagram

Di posisi ke-10 terdapat Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) yang berlokasi di Semarang. Perguruan tinggi swasta ini menduduki peringkat ke-45 se-Indonesia dan 3.564 dunia sehingga membuatnya cukup layak untuk diperhitungkan.

Pada tahun 1962, Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung mendirikan universitas ini. Nama Sultan Agung dipilih untuk mengenang jasa pahlawan nasional tersebut terhadap bangsa Indonesia. Saat ini Unissula mempunyai 11 fakultas dan 38 program studi pada jenjang D3 hingga S3.

Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun, kampus ini telah mendapatkan akreditasi A secara institusi dari BAN-PT. Unissula juga telah menjalin kerja sama pendidikan dengan beberapa universitas di luar negeri seperti Belanda, Perancis, Filipina, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, dan seterusnya.

Itulah sederet PTS terbaik yang ada di Indonesia. Kampus-kampus swasta tersebut memiliki kualitas pendidikan, layanan, dan fasilitas yang baik sehingga mendapatkan akreditasi A bahkan Unggul dari BAN-PT. Kamu ingin melanjutkan pendidikan ke kampus swasta yang mana? (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.