Jokowi: Carikan Negara Lain Yang Memenjarakan Pejabatnya Sebanyak Indonesia

oleh -0 Dilihat
Presiden Jokowi
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri puncak peringatan Hari Anti-Korupsi se-Dunia (Hakordia) di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/12) pagi.

Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sudah terlalu banyak pejabat di Indonesia yang dipenjara karena kasus korupsi. Jumlah pejabat yang dijebloskan ke penjara menurut Jokowi bahkan terbanyak di dunia.

“carikan negara lain yang memenjarakan pejabatnya sebanyak Indonesia” sebut Jokowi saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, Jakarta, 12 Desember 2023.

Jokowi menyebut dari tahun 2004-2022, yang dipenjarakan karena tindak pidana korupsi ada 344 pimpinan dan anggota DPR dan DPRD, ada 38 Menteri dan kepala lembaga.

Tidak hanya itu, Jokowi juga merincikan jumlah Gubernur dan Bupati serta wali kota yang dijerat karena kasus korupsi.

“Ada 24 Gubernur dan 162 Bupati dan Wali Kota, ada 31 hakim, ada 8 komisioner di antaranya KPU dan 415 dari swasta” jelasnya.

Dengan banyaknya pejabat negara yang dipenjarakan, kasus korupsi menurut orang nomor 1 di Indonesia ini tidak berhenti dan berkurang. Masih banyak kasus-kasus korupsi yang terus bermunculan.

Dengan melihat kondisi tersebut, Jokowi menyebut perlu ada evaluasi total yang harus dilakukan.

“artinya ini kita perlu mengevaluasi total. Pendidikan, pencegahan, dan tindakan” bebernya.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri puncak peringatan Hari Anti-Korupsi se-Dunia (Hakordia) di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/12) pagi.

Selain Jokowi, sejumlah menteri kabinet Jokowi juga turut hadir dalam acara ini. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.