Heboh Asam Sulfat, Ini 5 Manfaatnya Bagi Kehidupan Sehari-hari

oleh -0 Dilihat
Asam Sulfat
Asam Sulfat

Jakarta- Asam sulfat menjadi populer usai calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menyebut dalam salah satu kegiatannya dan dikaitkan dengan pemenuhan untuk ibu hamil. Asam sulfat termasuk zat asam yang sangat kuat dan tidak boleh dipakai sembarangan. Lantas, apa saja contohnya dalam kehidupan sehari-hari?

Asam sulfat dikenal sebagai salah satu jenis bahan asam yang cukup berbahaya, sehingga zat kimia ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Namun, meski jenis bahan asam ini memiliki sifat yang sangat kuat, tapi zat tersebut juga sering digunakan sebagai bahan baku pada berbagai jenis industri.

Salah satu alasan kenapa zat ini disebut sebagai zat asam terkuat adalah karena bahan asam ini memiliki sifat korosif yang sangat tinggi. Oleh karena itu, orang-orang tidak boleh menggunakan zat ini dengan tangan kosong, karena bahan asam ini tidak boleh terkena kulit secara langsung.

Apa Itu Asam Sulfat?

Foto Asam Sulfat
Foto: Asam Sulfat

Orang-orang mengenal zat kimia ini sebagai bahan asam yang memiliki sifat korosif sangat tinggi dan berbahaya apabila bersentuhan langsung dengan kulit maupun mata. Apabila seseorang terpapar zat ini pada bagian matanya, maka korneanya akan menjadi buram dan penglihatannya menjadi tidak jelas.

Hal ini terjadi karena asam sulfat adalah salah satu zat kimia yang berupa asam dan sering digunakan untuk kebutuhan laboratorium di seluruh dunia. Jenis bahan asam yang satu ini sering disebut juga dengan istilah hidrogen sulfat dan memiliki beberapa ciri khusus yang harus diketahui semua orang.

Beberapa ciri dari bahan asam ini adalah dapat larut dalam air, tidak berwarna, tidak berbau, dan berminyak. Umumnya, zat kimia yang berupa asam ini dapat terbentuk melalui proses oksidasi mineral sulfida. Kemudian, hasil oksidasi mineral sulfida tersebut akan mengandung asam yang kuat.

Jenis bahan kimia ini memiliki titik lebur pada 10 derajat celsius, sedangkan titik didih dari bahan asam ini berada di titik 337 derajat celsius. Jadi, tidak mengherankan jika hidrogen sulfat ini dapat menimbulkan luka bakar yang serius, kerusakan saluran pernapasan, dan lain sebagainya.

Kegunaan Asam Sulfat dalam Kehidupan Sehari-hari

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, bahan kimia yang berupa asam satu ini sering digunakan pada berbagai jenis industri untuk kebutuhan laboratorium maupun industri kimia. Hal ini semakin menunjukkan bahwa sebenarnya hidrogen sulfat memiliki beberapa manfaat yang penting.

Meskipun orang-orang tidak diperbolehkan untuk menggunakan bahan ini dengan tangan kosong, tapi mereka dapat menggunakannya dengan alat khusus, agar mereka tidak bersentuhan langsung dengan zat berbahaya tersebut. Lalu, apa saja kegunaan dari bahan kimia ini untuk kehidupan sehari-hari?

1.Memproduksi Pupuk, Pelarut, dan Obat-Obatan

Foto Asam Sulfat
Asam Sulfat bisa untuk Pupuk, Pelarut, dan Obat-Obatan

Melanjutkan pembahasan terkait apa itu asam sulfat dan fungsinya, kami juga akan membahas tentang manfaat zat kimia ini dalam proses produksi pupuk, pelarut, dan beberapa jenis obat-obatan tertentu. Tak sedikit dari beberapa perusahaan pupuk yang menggunakan bahan ini.

Sebab, zat kimia yang dikenal dengan nama asam sulfin ini dipercaya mampu membantu proses penguraian bahan-bahan tertentu seperti bebatuan dan semen. Jadi, tak heran jika ada banyak perusahaan produksi yang menggunakan bahan ini untuk membuat pupuk dan pelarut.

2. Menetralisir Bahan Organik

Asam Sulfat bisa untuk menetralisir bahan organik
Asam Sulfat bisa untuk menetralisir bahan organik

Tidak hanya bisa digunakan untuk memproduksi pupuk, pelarut, dan beberapa jenis obat-obatan saja, tapi zat kimia yang tidak boleh dipakai secara sembarangan ini juga bisa digunakan untuk menetralisir bahan organik. Maka dari itu, zat ini dipercaya mampu mengelola limbah secara lebih baik.

Seiring berjalannya waktu semakin ada banyak sampah manufaktur yang dibuang di tempat pembuangan sampah akhir. Biasanya, sampah manufaktur ini akan mengandung zat kimia berbahaya, sehingga harus dikelola dengan cara yang tepat.

Dengan menggunakan asam sulfat untuk mengelola limbah secara lebih baik, maka hal ini dapat mencegah terjadinya pelepasan gas beracun yang tentunya dapat membahayakan banyak pihak.

3. Produksi Minyak dan Bensin

Foto: Asam Sulfat
Asam Sulfat bisa untuk produksi Minyak dan Bensin

Manfaat selanjutnya dari bahan kimia satu ini adalah untuk produksi minyak dan bensin yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua orang. Tanpa adanya minyak dan bensin, maka sebagian besar orang tidak bisa menjalani kehidupannya dengan lancar. Maka dari itu, kegunaan ini tergolong sangat penting.

Sudah ada banyak ahli yang dapat membuktikan bahwa bahan asam ini mampu mencegah hidrokarbon menjadi substansi yang lebih mudah diolah sebelum digunakan dalam proses pengolahan bensin. Maka dari itu, hujan asam dikatakan sangat mengganggu bagi kehidupan sehari-hari setiap orang.

4.Produksi Sabun Pembersih dan Pewarna

Asam Sulfat bisa untuk produksi Minyak dan Bensin
Asam Sulfat bisa untuk Sabun Pembersih dan Pewarna

Saat ini ada banyak sabun pembersih yang menggunakan zat ini untuk membuatnya lebih ampuh dalam membersihkan suatu barang tertentu. Namun, zat ini lebih sering digunakan pada proses pembuatan sabun pembersih toilet, alat masak, dan barang-barang seperti ini lainnya.

Selain itu, zat kimia ini juga sering digunakan pada proses pembuatan produk pewarna pakaian, karena memiliki sifat yang mudah larut. Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki zat ini, membuat orang-orang semakin mengenal bahan asam ini sebagai zat kimia yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

5.Pengolahan Makanan

Asam Sulfat bisa untuk pengolahan makanan
Asam Sulfat bisa untuk pengolahan makanan

Tak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya zat kimia yang berupa asam ini juga dapat digunakan dalam proses pengolahan makanan. Sebab, orang-orang mungkin mengira zat kimia ini dapat menimbulkan racun jika dipakai pada proses pengolahan makanan.

Namun, sebenarnya zat asam ini dapat membantu proses penguraian dinding sel sayuran dan buah, sehingga kedua jenis makanan sehat tersebut dapat dicerna secara lebih mudah. Tidak hanya itu, zat kimia ini juga dapat membantu proses pengawetan makanan menjadi lebih lama.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat salah satu kemampuannya adalah membunuh bakteri dan jamur yang ada pada makanan, sehingga produk makanan tersebut bisa lebih awet untuk dikonsumsi di kemudian hari.

Contoh Asam Sulfat dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang-orang yang masih merasa awam dengan zat kimia ini mungkin akan bertanya-tanya, di mana kita bisa menemukan zat kimia tersebut dalam kehidupan sehari-hari? Untuk itu, di sini kami juga akan membagikan beberapa contohnya yang dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari kita, yaitu:

1. Air Hujan

Air hujan
Air hujan

Tahukah kamu bahwa air hujan sebenarnya mengandung banyak zat, tak terkecuali asam sulfat? Ya, salah satu contoh zat kimia ini yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari adalah air hujan. Namun, air hujan yang mengandung bahan asam ini secara berlebihan dapat mengganggu sistem pernapasan.

2. Belerang

Belerang merupakan salah satu jenis bahan yang dapat berubah menjadi hidrogen sulfat
Belerang merupakan salah satu jenis bahan yang dapat berubah menjadi hidrogen sulfat

Belerang merupakan salah satu jenis bahan yang dapat berubah menjadi hidrogen sulfat apabila dipanaskan dan bereaksi dengan zat oksigen. Nantinya, belerang trioksida yang bereaksi dengan air dapat menimbulkan hidrogen sulfat melalui beberapa proses yang harus dilakukan.

3. Aki

Aki juga mengandung hidrogen sulfat
Aki juga mengandung hidrogen sulfat

Aki adalah salah satu elemen penting dalam sebuah kendaraan dan tak banyak orang yang tahu bahwa aki juga mengandung hidrogen sulfat yang cukup tinggi. Namun, kandungan zat ini hanya terdapat pada aki basah dan bukan aki kering.

Setelah mengetahui bahaya dan manfaat dari asam sulfat ini, kamu jadi bisa lebih paham bahwa zat kimia ini masih memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kehidupan sehari-hari. Meski begitu, zat yang berupa asam ini lebih sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan laboratorium dan industri. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.