Lagi, Malaysia Plagiat Lagu Halo-Halo Bandung

oleh -0 Dilihat
Lagi, Malaysia Plagiat Lagu Halo-Halo Bandung
Warganet heboh setelah mendengar sebuah lagu yang diunggah oleh channel YouTube berbahasa Melayu, berjudul 'Helo Kuala Lumpur' yang mirip dengan Halo-Halo Bandung.

Jakarta- Kanal YouTube berbahasa Melayu, Malaysia, yang merilis lagu bernada seperti ‘Halo-halo Bandung’ bikin heboh jagat maya.

Malaysia diduga melakukan klaim atas lagu daerah asal Jawa Barat berjudul Halo-Halo Bandung yang selama ini dikenal sebagai karya Ismail Marzuki.

Sebagai contoh, pada awal lagu Hello Kuala Lumpur berbunyi Hello Kuala Lumpur, Ibu Kota Keriangan. Sedangkan pada lagu Halo-Halo Bandung berbunyi, Halo-Halo Bandung, Ibukota Periangan.

Sementara pada bagian tengah yang berbunyi, tidak berjumpa denganmu. Sementara pada lagu yang diduga dijiplak Malaysia, liriknya berganti menjadi tidak berjumpa dengan kau.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda juga menyoroti soal potensi pelanggaran hak cipta.

Huda menyebut pemerintah juga mesti mengambil andil untuk melindungi karya bangsa. Menurutnya, hal itu harus menjadi sebuah prioritas supaya negara tetangga tak lagi mengklaim secara sepihak.

Malaysia juga sempat menggunakan lagu Rasa Sayange untuk promosi pariwisatanya yang bertajuk Malaysia Truly Asia pada 2017 lalu.

Video promosi itu sontak menuai protes dari masyarakat Indonesia yang menuding Negeri Jiran telah mencuri warisan budaya Tanah Air. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.