Penerapan Trilogi Lingkungan, Antisipasi Anak Anarkistis

oleh -0 Dilihat

Bandarlampung- Kasus kekerasan antar pelajar dan perundungan di lingkungan sekolah hingga luar sekolah sedangah tinggi, khususnya di Kota Bandar Lampung. Akademisi Pendidikan Universitas Lampung, M. Thoha B Sampurna Jaya mengatakan, di usia anak yang meranjak dewasa membutuhkan lingkungan pendidikan informal, formal maupun non formal yang baik. Oleh sebab itu, trilogi lingkungan dalam dunia pendidikan sangat diperlukan sebagai antisipasi anak anarkistis.

Di usia anak yang memasuki masa pubertas, memiliki rasa ingin tahu tinggi dan menyukai tantangan sehingga menimbulkan kenakalan remaja. Jika hal ini tidak diarahkan maka akan terus menimbulkan hal negatif, kepedulian lingkungan dan orang tua saat ini kian menurun ketidakpedulian masyarakat atau lingkungan sekitar turut memberikan andil terhadap tindakan anak. Saat ini peran orang tua harus ditingkatkan lagi, masyarakat juga diharapkan tidak terlalu acuh dengan perkembangan anak anak disekitar.

Mendidik anak, bukan hanya tugas para pendidik yang ada disekolah. Sinergitas antara ketiga trilogi lingkungan ini sangat diperlukan, maka perlu dilakukan pertemuan antar pihak sekolah dan orang tua murid untuk menjalin komunikasi lebih terhadap perkembangan anak. (Roy Baskara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.