Tradisi Malam 1 Suro Masyarakat Pesisir Bandar Lampung

oleh -0 Dilihat

Bandar Lampung – Sejumlah masyarakat di Indonesia memiliki tradisi turun-temurun yang biasa dilakukan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram atau malam 1 Suro. Salah satunya yakni masyarakat di Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung yang juga melaksanakan serangkaian kegiatan saat tahun baru Islam 1444 Hijriah yang jatuh pada tanggal 30 Juli 2022.

Adapun serangkaian kegiatan yang dilakukan pada malam 1 Suro diantaranya dzikir bersama, membaca sholawat, sedekah bumi dan sedekah laut. Selain itu, tepat pukul 12 malam, Paguyuban Syailendra bersama masyarakat setempat juga melakukan pawai obor sambil membawa sedekah laut berupa hasil bumi seperti sayur mayur, kepala kerbau, dan bunga tujuh rupa.

Kemudian sedekah laut tersebut dihanyutkan ke laut di Gunung Kunyit, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung. Guru besar Paguyuban Syailendra, Ki Ageng R. Indra Fatahillah PB mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tradisi turun-temurun dari leluhur yang dilaksanakan setiap malam 1 Syuro. Menurut Ki Ageng, kegiatan sedekah bumi dan laut dilakukan sebagai rasa syukur kepada bumi dan laut. (Ilham Diskursus Network)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.