Kemenag Lampung Akan Berangkatkan Delapan Kloter Jamaah Haji

oleh -68 Dilihat
125812
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs, H. M. Ansori., M.Kom.I, (dok. Kemenag Lampung)

Bandar Lampung – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi LampungĀ  tengah menyusun kloter (kelompok terbang) keberangkatan calon jamaah haji 2022 di daerahnya.

“Direncanakan akan ada 8 kloter penuh asal Lampung dan 1 kloter gabungan dengan Banten dalam keberangkatan tahun ini,” kata Kepala Bidang Pengadaan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Ansori F Citra, di Bandar Lampung, pada Selasa (31/5/2022).

Dijelaskannya, bahwa ada tiga kloter penuh dan satu kloter campuran bersama 22 orang dari Banten, menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan lima kloter menggunakan Saudi Arabia Airlines.

“Lima kloter akan gunakan Saudi Arabia Ailines,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, karena kapasitas maskapai yang digunakan berbeda, sehingga pengajuan kloter sementara akan dilakukan sembari menunggu proses pengajuan visa bagi calon jamaah haji.

Diungkapkannya pula bahw jumlah manifes untuk maskapai Saudi Arabia sekitar 410 orang, sedangkan Garuda Indonesia sekitar 393 orang. Jadi akan ada penggabungan dan ini harus disesuaikan, sebab isi muatan pesawat berbeda-beda.

Terkait jadwal kloter keberangkatan bagi calon jemaah haji, Kemenag Lampung masih menyusunnya sebab pelaksanaan haji tahun ini memang sedikit berbeda karena menyesuaikan aturan pandemi COVID-19 di Arab Saudi.

“Saat ini kami masih menyusun kloter keberangkatan bagi calon jamaah haji, sebab masih ada sejumlah daerah yang belum mengirimkan pra manifes sehingga masih proses penyesuaian jadwal,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini yang telah ada dua daerah yang memenuhi jumlah satu kloter keberangkatan.

“Kota Bandarlampung dan Kabupaten Lampung Tengah sudah lebih dari 1 kloter jadi bisa langsung masuk di tanggal 5 Juni. Tapi ada beberapa daerah yang belum penuh, jadi tengah disesuaikan untuk dilakukan penggabungan,” ucapnya.

Ia melanjutkan, setelah Pemerintah Arab Saudi membuka kembali penyelenggaraan ibadah haji, maka keberangkatan calon jamaah haji akan dilakukan pada 6 Juni 2022 mendatang.

“Rencana akan dilakukan pemberangkatan pada 6 Juni 2022. Dimana ada 7 kloter di gelombang pertama, dan 2 kloter pada gelombang kedua,” ujarnya. (Red, DN)

Video : Mau Berangkat Ibadah Haji, Ini Persyaratan Yang Harus Dipenuhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.