Tingkatkan Potensi Nelayan Rajungan, CTC Berikan Pelatihan

oleh -74 Dilihat
WhatsApp Image 2022 05 24 at 15.32.47
Pelatihan nelayan rajungan

Bandar Lampung – Kembangkan potensi nelayan perikanan rajungan, Photovoices International dan Coral Triangle Center bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Lampung memberikan pelatihan bagi nelayan perempuan di Hotel Amalia, Bandar Lampung, pada Selasa (24/5/2022).

Yoga Putra, selaku Program Communication Officer Coral Triangle Center (CTC) mengatakan, kegiatan hari ini merupakan sesi pembelajaran bagi perempuan nelayan asal Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur dan Tulang Bawang.

“Dalam kegiatan ini, para nelayan perempuan diharapkan bisa berbagi atau bertukar pengalaman serta mendapatkan berbagai pelatihan atau penguatan kapasitas yang telah diberikan Komite Pengelolaan Perikanan Rajungan Berkelanjutan (KPPRB) Lampung bersama mitra organisasi Photovoices International dan Coral Triangle Center,” kata Yoga Putra.

Menurutnya, ada beberapa pelatihan yang diberikan dalam kegiatan ini, diantaranya pelatihan fotografi dan pelatihan yang berkaitan dengan pengembangan bisnis kanvas.

“Untuk fotografi, sudah ada beberapa foto yang diambil oleh ibu-ibu nelayan dengan tema-tema tertentu yang merangkum kegiatan mereka baik dalam perikanan rajungan secara langsung maupun sektor lainnya. Sedangkan untuk pengembangan bisnis kanvas adalah untuk mengoptimalkan pemasaran dari produk hasil buatan perempuan nelayan,” ungkapnya.

Dalam hal ini, tambah Yoga Putra, ia berharap agar para perempuan nelayan yang telah diberikan pelatihan, mampu melakukan rencana aksi atau perencanaan kegiatan yang dapat dilakukan secara swadaya.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun jejaring yang lebih luas dan besar bagi para perempuan nelayan.

“Kita mengharapkan agar kegiatan sharing dan pembelajaran ini, dapat menginisiasi pembuatan jejaring yang lebih besar lagi bagi perempuan nelaya. Tidak hanya ditingkat Kabupaten atau Provinsi Lampung, tapi juga antara Provinsi lainnya sebagai penghasil rajungan,” imbuhnya. (Ilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.