Esport Targetkan Enam Medali Emas di SEA Games Vietnam

oleh -3 Dilihat
WhatsApp Image 2022 04 14 at 8.34.11 AM
E-Sport

Jakarta – Esport Indonesia menatap optimistis SEA Games 2021 Vietnam dengan meningkatkan target perolehan medali yang semula lima medali emas kini menjadi enam medali emas.

“Kami optimistis bisa meraih enam medali emas. Peningkatan target ini kami umumkan berdasarkan analisis tim pelatih saat melihat progres atlet di seleksi pelatnas tahap dua ini,” kata Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo dalam keterangan tertulis, Kamis (14/4/2022)

“Sebab, mereka yang tahu pasti setelah melihat pertandingan, uji coba dengan beberapa negara dan hasilnya ada peningkatan kemampuan. Saya berharap, atlet-atlet ini dapat mengibarkan nama besar esports.”

Indonesia mengirimkan 38 atlet esport terbaik ke SEA Games Vietnam. Mereka akan berkompetisi pada lima nomor pertandingan, yaitu Mobile Legends (solo dan tim), Free Fire, FIFA Online dan Cross Fire.

Bambang Sunarwibowo berterimakasih kepada Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) yang dipimpin Prof Moch Asmawi dan beranggotakan ahli dari NOC Indonesia dan Komite Olahraga Nasional Indonesia. Sebab, tim review dapat melihat objektif kemampuan atlet-atlet Indonesia meski esports tergolong cabang olahraga baru.

“Kami berharap sebenarnya bisa ikut di 10 nomor pertandingan, tetapi hasil review di lima nomor. Kami menghargai hasil review karena tim ini diisi oleh akademisi dan ahli,” ujar Bambang Sunarwibowo.

Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry J Kono, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia, menjelaskan pihaknya memberikan rekomendasi 66 atlet tetapi Tim Review PPON memiliki indikator khusus, yakni potensi perolehan medali.

Khusus untuk cabor DBON adalah mereka peraih emas, perak, perunggu. Sedangkan Non-DBON adalah emas dan perak.

“Pemerintah memiliki target untuk membuat prestasi ini berjenjang dan berkesinambungan, sehingga ini keputusan yang dihasilkan Tim Review. Saya sendiri berharap esports bisa memenuhi target enam medali emas yang sudah dicanangkan,” kata Ferry.

“Tunjukkan sikap baik kalian selama berada di Vietnam nanti, tampilkan bahwa lambang Garuda (Logo Tim Indonesia) ini merupakan pride dan citra seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Indonesia akan berpartisipasi dalam 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan pada SEA Games Vietnam, termasuk tim futsal putra sudah diputuskan oleh stakeholder olahraga pemegang kebijakan untuk tampil di SEA Games. Sebab, futsal merupakan bagian number-of-event sepak bola. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.