dr. Aditya Berbagi Resep Bugar Saat Menjalankan Puasa

oleh -4 Dilihat
. Aditya Berbagi Resep Bugar Saat Menjalankan Puasa
Selama bulan Ramadhan dianjurkan minum air putih delapan gelas perhari.

Bandar Lampung – Anda yang akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan disarankan menjaga daya tahan tubuh, agar tetap sehat selama menjalankan ibadah.

Dewan Pembina Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Bandarlampung, dr.Aditya M Biomed mengungkakan selama bulan Ramadhan dianjurkan minum air putih delapan gelas perhari.

“Kita anjurkan minum delapan gelas perhari, agar daya tahan tubuh kuat. Ketika berbuka pun, tidak dianjurkan untuk langsung menikmati hidangan yang ada es,” ungkapnya.

Selama bulan Ramadhan menurut dr. Aditya, penting untuk menjaga asupan cairan untuk mencegah dehidrasi yang kerap timbul di siang hari.

Begitu juga untuk pola makan selama bulan Ramadhan harus dijadikan momentum untuk mengatur pola makan yang sehat.

“Pola hidup sehat harus dilatih dan dibiasakan karena tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi. Menjalankan pola hidup sehat sesungguhnya baik untuk memaksimalkan imun tubuh,” kata dia.

Beberapa tips sehat saat puasa yang bisa dilakukan lanjut dr. Aditya, yaitu dimulai dengan mengatur pola tidur, membiasakan tidur di jam 9 atau 10 malam dan bangun di subuh hari.

“Jika berkesempatan dapat tidur siang maka beristirahatlah sekitar 30 menit. Atur ritme kerja dan aktivitas saat pagi dan siang agar tubuh dapat beristirahat tepat waktu saat malam hari sehingga saat bangun subuh pun tidak merasa lelah” jelas dr. Aditya.

Rutin mengonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung serat juga dianjurkan untuk melancarkan metabolisme tubuh agar tidak mengalami sembelit. (Roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.