Melihat Lebih Detail dan Dalam Honda Civic RS

oleh -

Diskursus Network – Honda Prospect Motor (HPM) kembali menghadirkan dua sedan terbaru mereka di Dreams Cafe, Senayan Park, yakni Honda Civic RS dan All New City yang baru saja diluncurkan pada akhir Oktober.

Sebelumnya HPM juga terlebih dahulu telah memberikan ruang dan sekaligus memperkenalkan All New Honda BR-V di lokasi yang sama, sebelum All New BR-V melakukan “tour” keliling Indonesia.

Honda Civic RS yang diimpor dari Thailand ini hadir dengan tampilan yang sporty dipadu dengan kesan yang mewah sehingga banyak menarik hati para kaum muda yang energi dan juga up to date dengan perkembangan teknologi.

Untuk urusan teknologi, Honda sudah menyematkan berbagai penyempurnaan teknologi yang ada di dalamnya sekaligus menyempurnakan pada varian yang sebelumnya juga hadir di Indonesia.

Honda Civic RS Generasi ke-11 ini masih menggunakan mesin yang sama dengan kode yang juga sama, yakni 4 silinder 1500 turbo. Tapi Honda mencatat ada kenaikan tenaga yang sebelumnya 173 ps kini meningkat menjadi 178 ps dengan torsi maksimum 240 Nm.

Tenaga itu disalurkan ke bagian roda penggerak depan dan Honda juga masih percaya untuk menggunakan transmisi CVT yang digunakan oleh Honda Civic RS.

Jika kita melihat bagian eksterior, dimensi dari kendaran sedikit berubah dengan tambahan sekitar 30 mm yang menjadikan kendaraan ini lebih terkesan mewah dengan desain yang sporty.

Dalam hal ini, Honda masih mempertahankan desain grille yang khas yang sama dengan sebelum-sebelumnya, yakni penyematan grill yang minimalis yang terkesan menjadi lebih modern.

Pada bagian depan, grill depan itu menyatu dengan titik pencahayaan yang sudah menggunakan full LED dengan ditemani lampu daytime running LED dan lampu sein LED.

Seperti pada kendaraan-kendaraan lainnya, Honda Civic RS ini juga sudah memiliki spion lipat otomatis yang dipadukan dengan aero kit eksklusif RS. Untuk semakin mempertegas kesan yang sporty, Honda Civic RS ini ditopang velg berukuran 17 inci alloy black matte, antena shark fin, serta gagang pintu dengan aksen hitam.

Pada bagian samping, garis-garis yang tegas juga masih dipertahankan oleh Honda. Jika melirik ke bagian belakang, emblem RS pada Civic ini semakin dipertegas dengan adanya spoiler pada bagian belakang yang terkesan sangat sporty dan hadir dengan warna yang berbeda, yakni hitam.

Meski begitu, Honda Civic RS masih menggunakan cara manual untuk membuka bagasi bagian belakang, dimana kendaraan-kendaraan sekarang sudah menggunakan teknologi automatic untuk membukanya.

Honda memberikan teknologi yang lebih tinggi pada kendaraan sedan ini, seperti kunci yang seperti kartu yang mereka sebut sebagai Honda Smart Key Card yang memiliki fungsi sebagai pembuka pintu, mengunci pintu hingga menyalakan mesin. Hal yang serupa yang dimiliki oleh Tesla.

Beralih ke bagian dalam, dengan penambahan wheelbase yang dialami oleh Honda Civic RS menjadi poin penting untuk para penumpang bagian belakang yang kini semakin bertambah lega.

Di bagian belakang, para penumpang juga tidak perlu khawatir ketika handphone sudah memasuki tahap low battery, karena sudah ada dua buah slot yang sudah disediakan serta ventilasi AC yang semakin memberikan kenyamanan.

Ketika kita memasuki pada bagian driver, terpampang jelas berbagai keindahan yang sudah disuguhkan oleh Honda, misal interactive TFT meter cluster dengan setting display custom yang memiliki ukuran sebesar 10,2 inci.

Pada fitur ini, para pengendara sudah melihat semua informasi melalui panel meter cluster seperti teknologi keselamatan dari Honda, yakni Honda Sensing, sistem navigasi, pengingat kursi belakang, hingga aktivitas lampu indikasi pada kendaraan semua akan terlihat di panel meter cluster tersebut.

Setelah itu, pada bagian samping terlihat adanya aksen honeycomb yang menggunakan bahan logam yang mengisi ruas dashboard yang berfungsi mengalirkan udara dari AC dan juga sebagai pemisah visual antara layar display audio 9 inci yang sudah support dengan apple carplay dan juga android auto.

Honda Civic RS baru saja mendapatkan peringkat lima dalam pengujian New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP) sehingga kendaraan ini sudah aman untuk dikendarai.

Pengujian yang dilakukan juga akan memberikan rasa yang aman dan nyaman kepada setiap orang yang menaiki dan juga para pengguna jalan lainnya.

Honda Civic RS juga sudah dibekali dengan berbagai fitur keselamatan seperti Honda SENSING, meliputi collision mitigation brake system (CMBS), lane keeping assist system (LKAS), road departure mitigation system (RDM), adaptive cruise control, auto-high beam, serta lead car departure notification system (LCDN).

Honda juga sudah menyematkan enam buah airbags, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, hill start assist, vehicle stability assist, rem parkir elektrik, dan sinyal berhenti darurat.

Hanya memiliki satu varian, yakni RS. Namun, Honda memberikan beberapa pilihan warna seperti Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl yang dijual dengan harga Rp567 juta on the road Jabodetabek. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.