Paus Fransiskus Kunjungi Masjid Istiqlal, Dihadiri Tokoh Agama dan Pejabat RI

oleh -0 Dilihat
paus fransiskus
Menag RI Yaqut Chollil Qoumas saat menyambut Paus Fransiskus di Bandara Soekarno Hatta.(Menag)

Jakarta – Paus Fransiskus mengunjungi Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat pada Kamis pagi (05/09/2024), didampingi oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasarudin Umar. Pertemuan ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh agama Islam dalam rangka dialog lintas agama.

Di antara yang hadir adalah Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla, Sinta Nuriyah Wahid—istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi, dan Ulil Abshar Abdalla. Selain itu, tampak Wakil Ketua Umum Marsudi Suhud, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Quraish Shihab, dan Yenny Wahid.

Sejumlah pejabat pemerintah juga hadir dalam acara tersebut, termasuk Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Investasi Rosan Roeslani, Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono, dan Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki. Para tamu undangan duduk di ruang yang telah disediakan dan tampak berbincang santai sebelum kedatangan Paus Fransiskus.

Baca juga: 9000 Personel TNI-Polri Dikerahkan Untuk Mengamankan Misa yang Dipimpin Paus Fransiskus

Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Antonius Subianto Bunjamin menyebutkan bahwa dalam kunjungan ini, Paus Fransiskus dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar akan menandatangani ‘Deklarasi Bersama Istiqlal 2024: Meneguhkan Kerukunan Umat Beragama Untuk Kemanusiaan’.

Setelah kunjungannya ke Masjid Istiqlal, Paus Fransiskus dijadwalkan untuk mengunjungi Kantor KWI dan memimpin misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Dalam misa yang akan dihadiri sekitar 80 ribu umat Katolik ini, Paus Fransiskus berencana menyapa langsung umat dengan berkeliling menggunakan mobil Maung MV3 buatan Pindad di sekitar dua stadion GBK.(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.