40 Atlet yang Berlaga di Olimpiade Paris Positif Covid

oleh -0 Dilihat
olimpiade paris
Noah Lyles dan 39 Atlet Internasional Dinyatakan Positif Covid-19, Namun Mereka Tetap Berlaga dalam Olimpiade 2024 (Foto: IG Noah Lyles/Nojo18)

Jakarta – Wabah COVID-19 telah muncul di Olimpiade Paris 2024, dengan setidaknya 40 atlet dinyatakan positif, termasuk bintang lari Amerika Serikat, Noah Lyles.

Maria Van Kerkhove, Direktur Kesiapsiagaan dan Pencegahan Wabah dan Pandemi di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengungkapkan dalam sebuah briefing pada hari Selasa (6/8) bahwa banyak negara, termasuk para atlet internasional yang berkumpul di Olimpiade,terinfeksi kasus COVID-19.

Meskipun positif COVID-19, beberapa atlet, termasuk Lyles, tetap berkompetisi.

Berbeda dengan Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 dan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 yang memiliki aturan ketat untuk mencegah penyebaran virus, Olimpiade tahun ini hampir sepenuhnya kembali ke norma pra-pandemi.

Semua protokol COVID-19 sebelumnya dihapus menjelang Olimpiade Paris 2024, dan upaya saat ini diarahkan untuk mengatasi virus sebagai penyakit umum seperti flu biasa, menurut majalah Scientific American.

Pejabat olimpiade kini membiarkan para atlet dan tim menentukan sendiri bagaimana mereka ingin mencegah atau merespons virus.

Baca Juga: Resmi!! Presiden Cabut Status Pandemi COVID-19, Indonesia Masuk Endemi

Lyles, misalnya tetap berkompetisi dalam semifinal lari 200 meter pada hari Rabu meskipun telah mengetahui bahwa dirinya dinyatakan positif COVID-19.

Lyles hanya memberi tahu keluarganya, dokternya, dan pelatihnya, tanpa memberi tahu rekan setimnya, menurut laporan USA Today.

“Saya akan berkompetisi apa pun yang terjadi,” kata Lyles. “Jika saya tidak berhasil ke final [200 meter], itu akan menjadi tanda untuk tidak berkompetisi.” Lyles berhasil meraih medali perunggu dalam lomba tersebut, tetapi keikutsertaannya menimbulkan pertanyaan tentang penanganan COVID di Olimpiade dan apa yang akan terjadi jika lebih banyak atlet dinyatakan positif.

Meskipun hasil tes positif Lyles sudah memicu kritik internasional,namun para atlet tampaknya mulai menerima bahwa COVID-19 adalah sesuatu yang harus dihadapi dunia saat ini.

(DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.