Hati-Hati, Banyak Tidur Tidak Baik Untuk Kesehatan Anda

oleh -0 Dilihat
banyak tidur
Penelitian Menunjukan Sering Tidur Lebih dari 8 Jam akan Meningkatkan Risiko Jantung, Kegemukan, Kesehatan Mental dan Diabetes

Jakarta – Tidur adalah bagian penting dari rutinitas harian yang memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Ada anggapan umum bahwa semakin banyak tidur, semakin baik kesehatan kita,  ternyata, tidur yang berlebihan juga dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan.

Para peneliti menemukan risiko masalah kardiovaskular, obesitas, gangguan mental, dan diabetes meningkat seiring dengan durasi tidur yang berlebihan.

  1. Masalah Kardiovaskular Tidur lebih dari delapan jam per malam telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari delapan jam memiliki risiko kematian dan mengalami penyakit jantung koroner atau stroke 34% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidur tujuh jam.
  2. Obesitas Penelitian menunjukkan bahwa tidur berlebihan dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan. Studi yang diterbitkan dalam PLOS ONE pada tahun 2015 meneliti hubungan antara durasi tidur dan obesitas pada lebih dari 50.000 orang dewasa di Amerika Serikat. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang tidur lebih dari sembilan jam per malam memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi dan risiko obesitas yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidur antara tujuh hingga delapan jam.

Baca Juga:Ini Jam Tidur Yang Ideal Menurut Penelitian

  1. Gangguan Mental Terlalu banyak tidur juga dapat memengaruhi kesehatan mental. Penelitian dari Journal of Psychiatric Researchpada tahun 2014 meneliti hubungan antara durasi tidur dan kesehatan mental pada lebih dari 1.700 orang dewasa. Studi ini menemukan bahwa tidur berlebihan dikaitkan dengan peningkatan gejala depresi dan kecemasan.
  2. Diabetes Tidur yang berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Studi yang dipublikasikan dalam Diabetes Care pada tahun 2009 meneliti hubungan antara durasi tidur dan risiko diabetes tipe 2 pada lebih dari 4.000 orang dewasa. Hasilnya menunjukkan bahwa tidur lebih dari delapan jam per malam meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 50%.

Penting untuk menemukan keseimbangan yang tepat dalam durasi tidur untuk menjaga kesehatan secara optimal. Berdasarkan penelitian ilmiah, tidur selama tujuh hingga delapan jam per malam tampaknya menjadi durasi yang paling ideal untuk kebanyakan orang dewasa. (DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.