Timnas Indonesia Kalah dari Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

oleh -0 Dilihat
Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jakarta – Timnas Indonesia harus menerima kekalahan dari Timnas Irak dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda takluk 0-2 dari Lions of Mesopotamia.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024), babak pertama berakhir imbang tanpa gol. Indonesia menciptakan beberapa peluang, namun gagal menghasilkan gol. Irak membuka skor pada menit ke-53 melalui penalti Aymen Hussein. Gol kedua dicetak oleh Ali Jassim.

Dengan kemenangan ini, Irak mengumpulkan 15 poin, semakin memperkokoh posisi di puncak klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sementara Indonesia tetap berada di posisi kedua dengan 7 poin.

Indonesia masih memiliki satu pertandingan tersisa untuk mengejar tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertandingan tersebut akan melawan Filipina pada 11 Juni 2024 di kandang.

Indonesia mendominasi jalannya babak pertama. Tim asuhan Shin Tae-yong berhasil menciptakan beberapa peluang emas.

Peluang emas Indonesia pada menit ke-20 terbuang sia-sia. Tembakan Rafael Struick dari jarak dekat berhasil diblok oleh pemain belakang Irak. Shayne Pattynama yang sudah berada di posisi bebas, meminta bola kepada Rafael.

Sandy Walsh mengancam pada menit ke-34, namun umpan tarik dari Rafael dikirim langsung ke pelukan kiper Irak, Jalal Hassan. Skor tetap 0-0.

Pada menit ke-40, peluang emas Indonesia kembali gagal. Umpan Shayne kepada Marselino Ferdinan dipotong oleh barisan belakang Irak.

Hingga babak pertama berakhir, skor tetap 0-0.

Baca juga: Witan Sulaeman Antusias Jalani Ibadah Haji dan Dukung Timnas Indonesia

Di babak kedua, Irak melakukan dua pergantian pemain. Youssef Wali dan Ali Jassim masuk menggantikan Bashar Bouyan dan Zidan Iqbal.

Indonesia dihukum penalti pada menit ke-53 setelah Justin Hubner melakukan handball di dalam kotak penalti. Aymen Hussein berhasil mengeksekusi penalti menjadi gol.

Indonesia harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-59 setelah Jordi Amat mendapat kartu merah langsung akibat melanggar Youssef Wali di dekat kotak penalti.

Shin Tae-yong melakukan perubahan strategi pada menit ke-65 dengan memasukkan Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, dan Ivar Jenner, menggantikan Sandy Walsh, Thom Haye, dan Shayne Pattynama.

Indonesia kembali dihukum penalti pada menit ke-72 setelah Ernando Ari melanggar Ali Jassim di dalam kotak penalti. Namun, kali ini tembakan Aymen Hussein melambung jauh dari gawang.

Indonesia nyaris menyamakan kedudukan melalui Ragnar Oratmangoen. Mendapat umpan jauh, Oratmangoen memanfaatkan kesalahan organisasi lini belakang Irak, namun kiper Jalal Hussein berhasil menggagalkan usaha tersebut.

Pada menit ke-88, Ernando Ari melakukan kesalahan fatal. Menerima back pass dari Asnawi, Ernando gagal menguasai bola sehingga direbut oleh Ali Jassim yang dengan mudah mencetak gol kedua.

Hingga pertandingan selesai, skor tetap 0-2 untuk kemenangan Irak.

Susunan Pemain Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia: Ernando Ari, Shayne Pattynama (Pratama Arhan 65), Nathan Tjoa A On, Jordi Amat, Justin Hubner, Rizky Ridho; Sandy Walsh (Asnawi Mangkualam 65), Thom Haye (Ivar Jenner 65), Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen; Rafael Struick.

Irak: Jalal Hassan; Hussein Ali, Suad Naji, Rebin Adhamat, Ahmey Al-Hajjaj; Ibrahim Al-Kaabawi, Bashar Bonyan (Youssef Wali 46), Zidan Iqbal (Ali Jassim 46), Amir Fouad, Osamah Rashid; Aymen Hussein (Mohanad Ali 76).(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.