Jangan Malas Olahraga Pagi, Yuuuuk… Gerak Badan Biar Sehat

oleh -0 Dilihat
olahraga pagi
Penelitian Membuktikan Olahraga Dan beraktivitas Di Pagi Hari Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Jakarta – Masih mager bangun pagi dan lebih suka lanjut tiduran? yuuuk kita beraktivitas pagi, karena ternyata bangun pagi apalagi olahraga dipagi hari jauh lebih sehat dan bermanfaat untuk tubuh kita.

Nih, ada sejumlah penelitian yang membuktikan udara pagi dan gerak badan ternyata bagus untuk kita semua:

Manfaat Udara Pagi

  1. Udara Lebih Bersih Pada pagi hari, tingkat polusi udara biasanya lebih rendah dibandingkan dengan waktu-waktu lainnya. Partikel debu dan polutan belum banyak tersebar karena aktivitas manusia yang masih minimal. Udara pagi mengandung lebih sedikit kontaminan, sehingga lebih segar dan bersih untuk dihirup.
  2. Kadar Oksigen Lebih Tinggi Pagi hari, kadar oksigen di udara lebih tinggi. Tumbuhan mengeluarkan oksigen selama fotosintesis yang terjadi di siang hari dan malam hari mereka tidak menyerap CO2. Menghirup udara yang kaya oksigen dapat membantu meningkatkan aliran darah dan meningkatkan fungsi organ tubuh.
  3. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Berada di luar rumah dan menghirup udara segar di pagi hari dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa paparan udara segar dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih yang bertugas melawan infeksi dan penyakit .

Baca Juga: Beragam Rutinitas Pagi yang Unik di Beberapa Negara, Kamu Lebih Cocok yang Mana?

Energi Positif dari Lingkungan Pagi

  1. Paparan Sinar Matahari Paparan sinar matahari pagi membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sinar matahari pagi dapat membantu meningkatkan mood dan energi, serta mengurangi risiko depresi .
  2. Ketenangan dan Kedamaian Lingkungan pagi yang tenang dan damai dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Suasana yang sepi tanpa kebisingan dan keramaian kota memberikan kesempatan untuk refleksi diri dan meditasi, yang dapat membawa energi positif dan meningkatkan kesehatan mental.
  3. Aktivitas Fisik Melakukan aktivitas fisik di pagi hari, seperti berjalan-jalan, jogging, atau bersepeda, dapat membantu meningkatkan energi dan fokus sepanjang hari. Aktivitas fisik juga merangsang pelepasan endorfin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan, yang dapat meningkatkan mood dan energi .

Baca Juga: Pentingnya Makan Buah Setiap Pagi: Tips dan Manfaat

Aktivitas yang Disarankan di Pagi Hari

  1. Olahraga Melakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau yoga di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Olahraga pagi membantu meningkatkan metabolisme, membakar kalori, dan mempersiapkan tubuh untuk aktivitas sepanjang hari.
  2. Meditasi atau Yoga Meditasi atau yoga di pagi hari dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan fokus. Praktik ini juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan perasaan damai dan bahagia.
  3. Sarapan Sehat Mengonsumsi sarapan yang sehat dan seimbang penting untuk memulai hari dengan energi yang cukup. Sarapan pagi yang kaya akan protein, serat, dan vitamin dapat membantu menjaga tingkat energi dan fokus sepanjang hari.
  4. Menikmati Alam Menghabiskan waktu di luar ruangan, seperti berjalan di taman atau area hijau, dapat membantu menyegarkan pikiran dan tubuh. Kontak dengan alam terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan mental dan mengurangi stres .

Baca Juga: Tips Olahraga Rutin Di Rumah Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental

Referensi Ilmiah

Nah ini hasil penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan dan olahraga dari berbagai lembaga riset terkemukan di dunia

  1. American Lung Association. (n.d.). “Why Fresh Air is Important.”
  2. National Institutes of Health. (n.d.). “Vitamin D: Fact Sheet for Health Professionals.”
  3. Harvard Medical School. (2020). “The mood benefits of exercise.”
  4. Frontiers in Psychology. (2019). “The psychological benefits of nature.”

Dengan memanfaatkan udara pagi dan lingkungan yang tenang, serta melakukan aktivitas yang bermanfaat, kita dapat memulai hari dengan energi positif dan kesehatan yang lebih baik. (DN-kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.