Makanan Viral di Jakarta Selatan: Fenomena Kuliner yang Menggugah Selera

oleh -0 Dilihat
makanan viral
(sumber: @makandiwarsih)

Diskursus Network – Jakarta Selatan dikenal sebagai salah satu kawasan paling dinamis di ibu kota, dengan kehidupan malam yang semarak, pusat perbelanjaan yang modern, dan tentu saja, ragam kuliner yang terus berkembang. Belakangan ini, berbagai makanan viral telah muncul dan menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta kuliner. Artikel ini akan mengulas beberapa makanan viral di Jakarta Selatan yang wajib dicoba.

1. Nasi Mercon Barito

Jalan Barito Blok M kembali terkenal dan viral nih setelah banyak bermunculan kuliner kekinian khas anak muda Jaksel. Salah satu makanan viral di sini yang lagi hits-hitsnya adalah Nasi Mercon Barito. Saking viralnya, pengunjung bisa sampai antri 2-3 jam dengan mengambil terlebih dulu nomor urut yang diberikan. Antriannya memang bisa bikin sedikit menyebalkan, tapi tetap worth it buat dicobain sebagai kuliner yang lagi viral di Jakarta Selatan per tahun 2024 ini.

Sesuai namanya, menunya berupa oseng-osengan mercon yang pedas berminyak dengan ragam pilihan yang bisa dipilih. Pilihan menunya ada kulit ayam mercon, telur barendo, pentol mercon, otak-otak, sayap ayam, sampai ikan cakalang dan ceker ayam tanpa tulang yang semuanya dijamin pedas. Nasinya juga dijamin sedap karena sudah dicampur irisan daun jeruk serta teri nasi biar lebih gurih serta harum aromatik.

makanan viral
(sumber: @moosaphere)

2. Puding Paman Barito

Masih di daerah Barito nih, ada lagi makanan viral yang benar-benar bikin antrian panjang mengular, yaitu Puding Paman Barito. Baru dibuka awal Ramadan kemarin, puding ini langsung layak untuk masuk daftar kuliner paling viral di Jakarta Selatan 2024 ini. Bayangkan saja, buka dari jam 5 sore tapi antriannya sudah mengular dari beberapa jam sebelumnya.

Meskipun kiosnya kecil dan pengunjung harus menyantap di trotoar pinggir jalan, tapi gak menyurutkan antusias orang untuk mencicipi keunikan puding karamelnya. Mirip sajian puding karamel khas Jepang, tapi sajian di sini berbeda karena disajikan di atas mangkuk kecil dan bentuknya kotak. Puding susunya yang lembut dengan tambahan kuah karamel gula kecoklatan masih akan ditambah lagi dengan 3 varian rasa. Kamu bisa memesan varian original, tambahan cokelat, hingga taburan biskuit Regal.

makanan viral
(sumber: @h0f00d)

Baca juga 8 Resep Variasi Makanan Dari Bahan Pare, Lezat dan Menyehatkan

3. Maiku Tiramisu

Makanan viral viral Jakarta Selatan di tahun 2024 ini lagi-lagi hadir dari kawasan Blok M nih dengan kehadiran cafe lucu bernama Maiku Cafe. Tersembunyi di jantung Blok M, Jalan Melawai No. 6 cafe ini menjadi sebuah surga kuliner dengan mengkhususkan diri dalam menu penutup berupa Handmade Tiramisu. Sama seperti kuliner viral lainnya, kamu harus siap mengantri sampai menunggu nomor urutan atau waiting list.

Awalnya mereka menjual tiramisu secara online lalu membuka outlet di PIM dan BSD, hingga akhirnya membuka gerai cafe lucu di Blok M. Tiramisunya memang benar-benar enak dengan tekstur lembut fluffy dan rasa manisnya pas nggak bikin eneg bikin ingin terus menyuap ke mulut. Kamu bisa memesan dari mulai classic tiramisu, lotus tiramisu, matcha jasmine, pistachio, lemon, dan earl grey tiramisu.

makanan viral
(sumber: @maikutiramisu)

4. Depot Nasi Pajero

Siapa yang suka makan jeroan? Biasanya olahan jeroan terkenal dalam menu tradisional di benerapa daerah kan. Siapa sangka olahan jeroan sapi maupun ayam bisa juga lho dikemas lebih berselera anak muda seperti yang bisa kamu temukan di Depot Nasi Pajero. Meskipun lebih bergaya anak muda, tapi tetap mengusung gaya merakyat dengan spanduk kuning-hijau yang dibuat secara handmade.

Dengan desain seperti warung makan di Jawa Tengah maupun Jawa Timur, kamu bisa mengunjungi tempat makan ini di Cipete. Jaksel. Gongso koyor menjadi salah satu favorit berupa tendon sapi (koyor) yang ditumis dengan bumbu manis gurih. Aneka jeroan lainnya ada jantung, paru, iso (usus), babat yang diolah dari mulai goreng, gongso (tumis), atau disajikan menu berkuah mirip sop maupun soto.

makanan viral
(sumber: manual.co.id)

5. Warung Nasih

Rekomendasi makanan viral Jakarta Selatan kali ini kembali dari kawasan Barito dengan adanya menu nasi telor di Warsih (Warung Nasih). Buka dari jam 6 sore, tapi antriannya sudah mengular dari beberapa jam sebelumnya nih. Meskipun sudah eksis dari tahun 2023 tapi sampai di tahun 2024 pun tempat makan gaya anak Jaksel ini tetap viral dan rame terus.

Menu andalannya adalah nasi telor ceplok yang dimasak ala Pontianak tapi ditambah lagi dengan kuah kare ala Jepang. Kuah kare Jepangnya memang agak encer tapi tetap berasa bumbunya yang gurih. Tambahan lauk lainnya ada ayam suwir pedas, usus ayam tumis, daging slice, sampai mie raja (ramen Jawa).

makanan viral
(sumber: @makandiwarsih)

Fenomena makanan viral di Jakarta Selatan tidak hanya menunjukkan kreativitas para pelaku usaha kuliner, tetapi juga mencerminkan selera dan tren di kalangan masyarakat urban. Dari makanan tradisional hingga inovasi kekinian, Jakarta Selatan menawarkan beragam pilihan makanan viral yang siap memanjakan lidah. Jadi, bagi Anda yang mencari pengalaman kuliner yang tak terlupakan, kawasan ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Selamat berburu kuliner viral!

Kunjungi informasi pariwisata dan kuliner menarik lainnya di Diskursus Parekraf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.