TKW Temukan Tas Jemaah Berisi Uang Belasan Juta Rupiah

oleh -0 Dilihat
Jemaah haji Tersasar
Petugas Ibadah Haji Indonesia Menemukan Jemaah Haji Indonesia yang Tersasar

Madinah –  Seorang jemaah haji perempuan bernama Siti Rahayu Adi Sunyoto mendatangi petugas haji yang bertugas di seksi khusus Masjid Nabawi, Jumat siang, 24 Mei 2024. Dia melapor telah kehilangan tas yang berisi uang sebesar Rp15 juta, handphone, KTP dan surat penting lainnya.

Siti saat melapor tidak mengetahui dimana letak hotelnya. Perempuan yang tergabung di kloter 31 rombongan 2 Embarkasi Surabaya ini juga tidak hafal nomor handphone rekannya maupun nomor kontaknya sendiri yang terbawa dalam tas yang hilang.

Menurut Lucky Fitri A, petugas haji seksi khusus Nabawi,  saat ditemui Siti  berada di depan pintu masuk masjid Nabawi nomor 20.

“Dia datang sendirian dan mengaku kehilangan tas,” jelas Lucky

Lucky yang sedang patroli di dekat lokasi kejadian mengscan id card yang menggantung di leher Siti. Dari hasil scan itu dapat diketahui detail data jemaah. Mulai hotel, asal embarkasi hingga nomor kontak ketua rombongannya

Petugas menghubungi ketua rombongan dan menyampaikan ada jemaahnya yang kehilangan tas. “Ibu Siti kami minta tenang dan menunggu hasil investigasi kami,” jelas Lucky.

Lucky kemudian berinisiatif meminta kepala rombongan (karom) menghubungi handphone Siti yang ada di dalam tas yang hilang.

Saat Lucky menghubungi nomor tersebut dijawab seorang perempuan dan memberikan informasi bahwa dia menemukan sebuah tas berisi uang.

Perempuan itu adalah tenaga kebersihan Masjid Nabawi asal Indonesia yang bekerja sebagai tenaga kerja wanita.

“Beruntung karena yang menemukan orang Indonesia. Kalo bukan orang Indonesia agak repot mengurusnya karena bisa berurusan dengan aparat setempat,” kata perempuan yang siang itu mendapat kebagian jam dinas pagi hingga sore hari.

TKW itu memberikan informasi posisinya, Lucky menjemput tas lalu menyerahkan ke pemiliknya. Isinya lengkap.
Dia mengimbau agar jemaah jangan membawa uang berlebihan saat ke masjid karena sangat berisiko kehilangan akibat berdesakan.

Baca Juga: Sandal Hilang Di Masjid Nabawi, Telapak Kaki Jamaah Haji Melepuh

Jemaah Pingsan

Selain menangani jemaah kehilangan tas, petugas seksi khusus juga menerima laporan jemaah perempuan yang pingsan jelang salat Jumat kemarin.

Menurut Moch Taufik, anggota Media Centre Haji (MCH) yang menyaksikan langsung kejadian itu bercerita bahwa perempuan itu pingsan di pelataran perempuan. Mereka tidak bisa seketika menolong karena lokasinya berada di area larangan untuk laki-laki.

“Anak laki-lakinya mau menolong tapi juga tidak bisa masuk ke sana, untung sejumlah jemaah perempuan membantu. Beberapa saat kemudian ibu itu sudah sadar dan dipapah keluar. Anaknya dibantu petugas langsung mengantarnya ke hotel,” jelas Taufik.

Ada pula kisah Umi Kulsum Wastam, jemaah perempuan yang terjatuh di eskalator saat hendak berwudhu di tempat wudhu perempuan Masjid Nabawi Pukul 12.15 WAS. Tangan kirinya mengalami luka dan mengeluarkan darah.

Alhamdulillaah, berkat solidaritas sesama jemaah haji Indonesia dan kesigapan petugas haji di Madinah kasus seperti ini dapat ditangani dengan baik. (MCH 2024).

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.