Vihara Avalokitesvara di Pamulang Bersiap Menyambut Hari Raya Waisak 2024

oleh -0 Dilihat
hari raya waisak
Persiapan hari raya Waisak Vihara Avalokitesvara di Pondok Cabe Udik, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. (DN-P)

Jakarta – Menjelang perayaan Hari Raya Waisak, pengurus dan samanera Vihara Avalokitesvara di Pondok Cabe Udik, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, mulai membersihkan vihara dengan mensucikan rupang dan altar dari debu dan kotoran.

Persiapan tempat ibadah ini dilakukan untuk memperingati Hari Raya Waisak 2568 Buddhist Era atau 2024 Masehi yang jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024. Pengurus dan samanera Vihara Avalokitesvara mulai membersihkan rupang dan altar dari debu dan kotoran sebagai bagian dari kegiatan kesucian rupang dan altar dalam menyambut Hari Raya Waisak.

Selain itu, samanera Vihara Avalokitesvara juga mempersiapkan tiga rangkaian kegiatan perayaan Waisak, yaitu pemandian rupang bayi Buddhisata atau calon Buddha oleh para umat Buddha. Kegiatan ini bertujuan untuk refleksi membersihkan kekotoran batin dalam diri umat Buddha.

Menurut Virya Wijaya, salah satu samanera di Vihara Avalokitesvara, beragam rangkaian ritual menyambut perayaan Waisak sudah dipersiapkan hingga puncak kegiatan, yang akan dihadiri oleh ratusan umat Buddha dari Tangerang Selatan.

Baca juga: 1.216 Narapidana Beragama Budha Terima Remisi Khusus Waisak

“Untuk waktu pelaksanaan berbeda-beda di tiap vihara, biasanya dimulai pukul 8 pagi,” jelas Virya Wijaya. “Pengurus di sini biasanya dipilih dari beberapa umat yang ada di sekitar sini untuk berpartisipasi, ada puluhan,” tambahnya

Tema Hari Raya Waisak 2024 di Vihara Avalokitesvara mengusung keharmonisan sebagai pedoman hidup berdampingan dalam berbangsa, guna menjaga toleransi dari keragaman antar umat beragama. Sementara itu, sembahyang umat Buddha pada Hari Raya Waisak akan digelar pada Kamis (23/05/2024).(DN-P)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.