Jangan Malas! Ini Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

oleh -0 Dilihat
air putih

Diskursus Network – Jakarta, Air putih adalah salah satu kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia. Tubuh kita terdiri dari sekitar 60% air, dan penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh agar fungsi organ berjalan dengan baik. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari mengonsumsi air putih bagi kesehatan tubuh kita:

1. Minum Air Putih Mencegah Dehidrasi

Menghidrasi tubuh adalah fungsi utama dari air putih. Setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan air untuk bekerja dengan baik. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi, yang bisa mengganggu fungsi tubuh, seperti konsentrasi dan stamina fisik. Dehidrasi ringan bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan pusing, sementara dehidrasi parah bisa mengancam nyawa.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Air putih membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya dari kekeringan. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih segar dan bercahaya. Kekurangan air bisa menyebabkan kulit tampak kering, kusam, dan lebih rentan terhadap keriput.

3. Membantu Pencernaan

Air putih berperan penting dalam sistem pencernaan. Mengonsumsi cukup air membantu proses pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi. Selain itu, air juga membantu mencegah sembelit dengan melunakkan tinja dan memudahkan pergerakan usus.

Baca juga Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

4. Mengatur Suhu Tubuh

Air membantu mengatur suhu tubuh melalui proses keringat. Ketika tubuh kita terlalu panas, kita berkeringat, dan saat keringat menguap dari kulit, ia membawa panas tubuh dan membantu mendinginkan tubuh.

5. Membuang Racun

Ginjal kita berfungsi untuk menyaring limbah dan racun dari darah. Proses ini membutuhkan air yang cukup untuk membantu melarutkan limbah dan membuangnya melalui urin. Minum cukup air juga membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

6. Menjaga Keseimbangan Cairan dan Elektrolit

Air membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Elektrolit, seperti natrium dan kalium, sangat penting untuk fungsi otot dan saraf. Mengonsumsi cukup air membantu menjaga keseimbangan ini dan mencegah ketidakseimbangan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

7. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Otak kita sangat sensitif terhadap tingkat hidrasi. Dehidrasi dapat mempengaruhi fungsi kognitif, termasuk konsentrasi, kewaspadaan, dan memori jangka pendek. Dengan menjaga tubuh terhidrasi, kita dapat mempertahankan fungsi otak yang optimal dan meningkatkan fokus serta produktivitas.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Minum cukup air membantu menjaga volume darah yang cukup, yang penting untuk fungsi jantung dan sirkulasi darah yang sehat. Dehidrasi dapat menyebabkan penurunan volume darah, yang dapat membuat jantung bekerja lebih keras dan meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular.

9. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air yang cukup dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan hipertensi. Air membantu membersihkan tubuh dari racun dan mendukung fungsi organ yang sehat.

Baca juga Ayo Minum Air, Bisa Cegah Penyakit Kronis dan Penuaan

Tips Agar Kebutuhan Cairan Tubuh Tetap Terpenuhi

air putih

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar Anda memperoleh manfaat minum air putih dengan maksimal, antara lain:

  • Cobalah untuk membiasakan minum air putih setiap waktu makan, saat mengonsumsi camilan, sebelum tidur pada malam hari, dan saat bangun tidur.
  • Minum air puith sebelum, selama, dan setelah berolahraga.
  • Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas setiap saat sehingga Anda lebih mudah untuk menjaga asupan air putih harian.
  • Bila belum terbiasa minum air putih karena rasanya yang hambar, Anda bisa menambahkan irisan buah ke dalam air putih, misalnya lemon atau jeruk nipis.

Air putih memang menyehatkan, tetapi tidak semua air putih dapat dikonsumsi. Ada beberapa ketentuan air minum yang aman dan layak konsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI, yaitu:

  • Tidak memiliki rasa
  • Tidak berbau dan berwarna
  • Tidak mengandung bakteri
  • Tidak mengandung logam berat dan bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan

Jika ingin minum air dalam kemasan, pastikan air minum yang Anda konsumsi sudah terdaftar di BPOM dan telah memenuhi standar kesehatan. Tujuannya adalah guna mencegah gangguan kesehatan akibat konsumsi air minum yang terkontaminasi. Tak hanya mencukupi kebutuhan cairan, Anda juga dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat lainnya, yaitu dengan berolahraga secara rutin, mencukupi waktu tidur, dan mengendalikan stres.

Air putih adalah elemen vital bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Mengonsumsi air yang cukup setiap hari dapat memberikan banyak manfaat, mulai dari hidrasi hingga pencegahan penyakit. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari atau sekitar 2 liter, tergantung pada kebutuhan individu dan aktivitas fisik.

Kunjungi informasi pariwisata dan kuliner menarik lainnya di Diskursus Parekraf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.