Raudah, Taman Surga Destinasi Utama Jemaah Haji Di Madinah

oleh -0 Dilihat
raudah 1
Raudah Salah Satu Bagian Masjid Nabawi Yang Menjadi Tempat Tujuan Utama Jemaah Haji Untuk Beribadah

Madinah – Sebagian jemaah haji Indonesia sudah mulai dijadwalkan memasuki Raudah di Masjid Nabawi, Madinah. Tercatat ada 2 kelompok terbang (kloter) dari Surabaya (SUB) dan Palembang (PLM) yang sudah masuk ke Raudah sejak pukul 02.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

“Mulai hari ini seluruh kloter akan masuk ke Raudah,” kata Kepala Seksi Bimbingan Ibadah Sektor Khusus Masjid Nabawi, Syahro Marwan saat ditemui di pelataran Masjid Nabawi, Madinah, Selasa (14/5).

Sebagai informasi, Raudhah merupakan tempat yang berada di antara rumah Nabi (sekarang makam Nabi) dan mimbar. Luas dari arah timur ke barat sepanjang 22 meter dan dari utara ke selatan 15 meter.

Raudhah disebut sebagai taman surga karena Allah SWT menurunkan rahmat-Nya dan berbagi kebahagiaan di tempat ini. Tak hanya itu, kelak setelah kiamat Raudhah akan dipindahkan Allah SWT ke surga.

Di tempat ini, umat Islam yang datang berkunjung akan melakukan banyak zikir dan pemujaan kepada Allah SWT. Sehingga, Dia tentu akan menjanjikan surga bagi siapa saja yang mau mengingat Allah SWT.

Untuk memasuki Raudhah jemaah haji Indonesia tidak perlu lagi daftar secara manual. Sebab Kerajaan Arab Saudi telah mengeluarkan tasreh (surat izin resmi dari kerajaan) untuk jemaah yang hendak ke Raudhah.

Sebelum memasuki Raudah, jemaah haji harus berkumpul di area tunggu pelataran Masjid Nabawi. Tepatnya antara pintu gerbang 360-362 di dekat area pemakaman Baqi.

Syahro bilang, jemaah haji berkumpul 1 jam sebelum jadwal masuk Raudah. Misalnya, jadwal masuk Raudhah jam 2 dini hari, maka jemaah haji harus sudah ada di lokasi sejak jam 1.

“Jemaah harus sudah di titik kumpul 1 jam sebelum jadwal,” kata Syahro.

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem di Saudi, Jemaah Haji Diingatkan untuk Perbanyak Minum

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah mengatur pengelompokan kunjungan ke Raudhah berdasarkan generasi dan kloter. Kunjungan perdana dini hari tadi di mulai dengan jemaah laki-laki sebanyak 165 jemaah kloter SUB-01 dan 198 jemaah PLM-01.

Sementara itu, jemaah perempuan pertama yang mengunjungi Raudhah yakni kloter JKS-01 dan JKG-02 pada jam 07.30 WAS.

Media Center Haji melihat masih ada beberapa jemaah yang datang terlambat ke lokasi titik kumpul dengan berbagai alasan. Padahal petugas sudah mengingatkan kepada setiap ketua rombongan untuk hadir tepat waktu.

“Kami harapkan petugas kloter lebih bisa mendisiplinkan jemaahnya karena Arab Saudi karena sangat disiplin,” kata Syahro.

Baca Juga: Cuaca Panas di Arab Saudi, Dubes RI Imbau Jemaah Haji Jaga Kesehatan Fisik

Terdapat 2 jemaah haji dari Palembang yang datang terlambat ke lokasi titik kumpul. Dua jemaah tersebut mengaku sudah keluar dari hotel penginapan sekitar jam 2. Namun mereka tercecer dari rombongan dan kesulitan mencari lokasi titik kumpul.

“Saya sudah keluar dari tadi, keliling cari tempat ini,” kata jemaah tersebut.

Terkait hal ini, Syahro mengaku tidak bisa berbuat banyak. Mengingat Kerajaan Saudi sangat disiplin terhadap waktu. Sehingga dia berharap jemaah haji lainnya datang tepat waktu.

“Kami akan berusaha bernegosiasi dengan otoritas setempat, tapi kita juga tidak bisa berharap banyak, mudah-mudahan masih bisa diakomodir,” kata Syahro.

Sebagai informasi, kunjungan berikutnya untuk jemaah haji laki-laki yakni JKS-01, JKG-01, BTH-01 dan JKS -02. Jadwal kunjungan mereka di mulai jam 12.00-13.0 WAS.

Sementara itu, untuk jemaah perempuan yakni JKS-01, JKG-02, BTH-01, JKG-01, JKS-02. Mereka akan mulai berkunjung ke Raudhah mulai jam 07.30-10.30 WAS. (Nurhaeni Amir/MCH 2024)

 Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.