Menteri Agama Indonesia Kunjungi Arab Saudi Tinjau Persiapan Haji dan Regulasi Umrah

oleh -0 Dilihat
menteri agama
Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama Republik Indonesia

Banten – Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama Republik Indonesia, melakukan kunjungan ke Arab Saudi guna meninjau langsung persiapan musim haji dan mengkaji peraturan terbaru mengenai umrah backpacker yang kini menjadi topik hangat. Keberangkatan Menag tercatat dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, menjelang fajar pada Kamis, (21/03/2024).

Dalam pernyataannya di bandara, Menag mengungkapkan keinginannya untuk memverifikasi seberapa jauh persiapan haji telah dilakukan oleh pihak Saudi, dan juga untuk memahami lebih dalam tentang regulasi terkait trend umrah backpacker, memastikan regulasi tersebut selaras dengan aturan di Indonesia.

Kunjungan ini juga dihadiri oleh Plt. Sekretaris Jenderal Kemenag Abu Rokhmad, Inspektur Jenderal Faisal Ali Hasyim, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, serta berbagai pejabat terkait lainnya.

Baca juga: Kemenag RI: Seragam Petugas Haji Jadi Identitas Utama di Tanah Suci

Menag telah menekankan pentingnya regulasi yang memadai dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI pada tanggal 18 Maret 2024, khususnya yang berkaitan dengan fenomena umrah backpacker yang berkembang. Menag menegaskan bahwa regulasi yang dibuat harus sesuai dan dapat memenuhi kebutuhan perlindungan bagi jemaah, termasuk jemaah umrah backpacker.

Untuk mencapai tujuan ini, Kementerian Agama berencana melakukan koordinasi yang erat dengan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK), dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dalam penyusunan sistem layanan yang baik dan terintegrasi.

Dengan langkah-langkah ini, Kementerian Agama berharap dapat meningkatkan kualitas layanan bagi jemaah haji dan umrah, termasuk memberikan jaminan keamanan, kesehatan, dan kenyamanan selama melaksanakan ibadah di tanah suci.(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.