375 Pohon Ponsai Dipamerkan di Pameran dan Kontes Bonsai Bandar Lampung

oleh -0 Dilihat

Bandar Lampung – Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Bandar Lampung menggelar pameran pohon bonsai di depan Gedung Serba Guna Kwarda Gerakan Pramuka Lampung di jalan Pramuka, Bandar Lampung. Pameran bonsai ini diselenggarakan bersama Pemprov Lampung dan Brigif 4 Marinir. Sekitar 375 pohon bonsai dari berbagai jenis berjejer rapi dan lengkap dengan nama-nama jenisnya.

Dari 375 pohon tersebut merupakan milik peserta lomba yang terbagi dari Prospek 219 tanaman, Pratama 106 tanaman, Madya 30 tanaman dan Utama sebanyak 20 tanaman bonsai di kontes Bonsai kali ini. Untuk PPIB Cabang Bandar Lampung, jenis yang dipamerkan di antaranya Beringin Dolar, Hoko Anty, Dewa Daru, Sianci, Ulmus, Santigi, Sancang, Asem Jawa, Saeng Sibur, Beringin, Waru dan lainnya.

Erwin selaku Ketua PPBI Pusat mengungkapkan sebutan event kali ini ada beberapa sebutan yakni PamNas dan Lokalan. Kegiatan pameran ini dilakukan untuk memperkenalkan bonsai kepada masyarakat umum. Sementara itu Ketua PPBI Bandar Lampung, Zurizal mengatakan, untuk hari ini 5 Agustus 2022 sedang berjalan proses penjurian atau penilaian bonsai yang sudah di pajang.

Acara ini dibuka mulai tanggal 2 sampai tanggal 9 Agustus 2022, dimana tanggal 2 sampai tanggal 3 dilakukan pengumpulan bonsai, tanggal 4 sampai tanggal 5 penjurian dan belum bisa dibuka untuk umum. Adapun kriteria dalam perlombaan tanaman Bonsai kali ini yakni tanaman yang berakar tunggal, berbatang keras dan berumur panjang.

Warga yang mengikuti pameran bonsai berasal dari berbagai Wilayah termasuk dari Pulau Jawa seperti Jember, Kuningan, Bekasi, Surabaya, dari Tangerang dan wilayah lainnya. Untuk wilayah Sumatra sendiri ada dari kota Bandar Lampung, Lampung Selatan, dan wilayah luar Lampung lainnya.

Marsudi, salah satu warga dari Tangerang yang juga turut serta mengatakan dirinya senang mengikuti event seperti ini. Dirinya mengaku menekuni usaha bonsai sudah hampir 30 tahun. Bagi masyarakat umum yang ingin menyaksikan langsung pameran bonsai, bisa datang langsung ke lokasi mulai besok. (Liting – Diskursus Network)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.