Uni Eropa: Jutaan Warga Ukraina Diperkirakan Mengungsi

oleh -5 Dilihat
Mengugsi akibat Invasi Rusia
Anak-anak yang akan mengungsi, berbagi semangkuk sup setelah mereka dan ibu mereka meninggalkan Ukraina akibat invasi Rusia.

Diskursus Network – Eropa sedang menghadapi krisis kemanusiaan terparah dalam beberapa tahun menyusul invasi Rusia ke Ukraina dan jumlah warga Ukraina yang mengungsi di dalam negeri bisa mencapai lebih dari 7 juta orang, kata pejabat Uni Eropa.

“Kita menyaksikan tanda-tanda krisis kemanusiaan terparah di benua Eropa kita dalam beberapa tahun. Kebutuhan (pengungsi) terus meningkat saat kita bicara,” kata Komisaris Eropa untuk Manajemen Krisis dan Bantuan Kemanusiaan Janez Lenarcic.

“Jadi untuk situasi kemanusiaan keseluruhan, jumlah pengungsi Ukraina saat ini diperkirakan 7 juta lebih,” katanya saat konferensi pers di Brussels usai rapat khusus menteri dalam negeri negara-negara anggota Uni Eropa untuk membahas krisis tersebut.

Mengutip perkiraan PBB, Lenarcic mengatakan sekitar 18 juta warga Ukraina akan terkena imbas konflik, dalam hal kemanusiaan, di negara tersebut atau negara-negara tetangga.

Sebanyak 7 juta orang Ukraina mengungsi di seluruh negeri dan 4 juta orang menyelamatkan diri ke negara tetangga.

“Kendati perkiraan ini sangat kasar, jumlahnya sangat besar, dan kami harus bersiap untuk keadaan darurat semacam ini, yang menjadi bagian dari sejarah,” kata Lenarcic.

Sementara kepala badan pengungsi PBB (UNHCR) Filippo Grandi dalam twit nya mengatakan lebih dari 500.000 pengungsi sekarang melarikan diri dari Ukraina ke negara-negara tetangga.

UNHCR sebelumnya mengatakan, pihaknya berencana menangani hingga empat juta pengungsi Ukraina jika situasinya memburuk.

Namun komisaris manajemen krisis Uni Eropa berkata, jumlah pengungsi akibat perang Rusia vs Ukraina bisa mencapai tujuh juta.

(Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.