Indonesia Selipkan Isu Krisis Pangan di Pertemuan G20 di Bali

oleh -36 Dilihat
Indonesia selipkan isu krsisi pangan di G20
Indonesia menyelipkan isu krisis pangan pada rangkaian pertemuan FMCBG dan FCBD di Badung, Bali

Bali- Indonesia menyelipkan isu krisis pangan (food insecurity) pada rangkaian pertemuan ke-3 Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (FMCBG) serta Deputi Bidang Keuangan dan Bank Sentral G20 (FCBD) di Badung, Bali, 13–16 Juli 2022.

Pembahasan terhadap isu itu merupakan salah satu upaya G20 merespons ancaman krisis akibat agresi Rusia di Ukraina, kata salah satu pejabat Kementerian Keuangan RI.

“Kemarin asumsinya (dunia) hanya menghadapi pandemi (COVID-19), ternyata di tengah-tengah, ada tantangan baru, pecah perang Rusia dan Ukraina, yang dapat men-trigger (memicu, red.) potensi krisis baru, (yaitu) krisis pangan dan krisis energi, yang dapat berimbas ke krisis keuangan,” kata Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral Kementerian Keuangan Dian Lestari saat jumpa pers di BNDCC, Badung, Bali, Selasa (12/7) malam.

Ia menyampaikan food insecurity menjadi agenda baru yang berusaha didorong oleh Indonesia dalam pertemuan ke-3 tingkat deputi keuangan G20 (FCBD) pada 13–14 Juli dan pertemuan ke-3 tingkat menteri keuangan serta gubernur bank sentral (FMCBG) G20 pada 15–16 Juli.

Di dalam serangkaian Presidensi G20 Indonesia ini, terdapat serangkaian seminar, workshop, hingga showcase. Hal ini bertujuan sebagai upaya kolaborasi antara pembuat kebijakan dan pelaku industri.

Pada hari ini terdapat perbincangan mengenai ‘Encouraging Inclusive Industrial Synergies Through Health Competition to Achieve Sustainable Economic Growth’ dimana Deputi Gubernur BI Aida S Budiman yang akan memberikan pandangan terkait hal ini.

Ada pula perbincangan mengenai ‘Central Bank Policy Mix for Stability and Economic Recovery’ yang akan disuguhkan oleh Deputi Gubernur BI Juda Agung. Dan akan diikuti dengan panel diskusi oleh lembaga internasional seperti IMF, Bank Indonesia Institute, dan BIS.

Sementara itu, di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort akan berlangsung seminar bertajuk ‘Sustainable Finance: Instruments and Management in Achieving Sustainable’, dengan pembicara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.