Pendaftaran Calon Kepala Daerah Resmi Ditutup, Jakarta Ada 3 Calon

oleh -0 Dilihat
pendaftaran cagub
Tiga Calon Gubernur DKI Jakarta yang Mendaftar ke KPU DKI Jakarta

Jakarta – Pendaftaran Calon Kepala Daerah di berbagai daerah resmi ditutup pada hari Kamis 29 agustus pukul 00.00 WIB, sesuai jadwal tahapan pemilu.

Di Jakarta, Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Dinata, mengumumkan bahwa terdapat tiga pasangan calon yang telah mendaftarkan diri, yakni Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

“Ketiga bakal calon ini statusnya lengkap dan diterima. Jadi pada pukul 23.42 WIB ini, Provinsi DKI Jakarta memiliki tiga bakal pasangan calon yang akan memeriahkan Pilgub Jakarta 2024,” ujar Wahyu dalam konferensi pers, Kamis (29/8) malam.

Wahyu menjelaskan bahwa, pasangan Ridwan Kamil dan Suswono mendapat tambahan dukungan dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), menjadikan mereka didukung oleh total 14 partai, yaitu Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, PBB, Perindo, PAN, PPP, Garuda, dan PKN.

Sementara itupasangan Pramono Anung dan Rano Karno menerima tambahan dukungan dari Partai Hanura, sehingga pasangan ini diusung oleh PDIP dan Hanura.

Wahyu menambahkan bahwa penambahan dukungan partai politik ini masih dimungkinkan sebelum pendaftaran ditutup, sesuai dengan surat edaran dari KPU RI.

“Secara garis besar, Pramono-Rano diusulkan oleh dua partai, PDIP dan Hanura, dengan persentase suara sekitar 14,46 persen. Sedangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono didukung oleh 14 partai dengan akumulasi suara mencapai 83,46 persen,” jelas Wahyu.

Baca Juga: Partai Buruh Tegaskan Akan Absen Dari Pilkada DKI Jakarta Bila Anies Tidak Maju Jadi Cagub

Pemeriksaan Kesehatan

Setelah pendaftaran ketiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ini dinyatakan lengkap, mereka akan menjalani tes kesehatan secara bertahap di RSUD Tarakan.

Jadwal tes kesehatan dimulai dengan Pramono Anung dan Rano Karno pada Jumat (30/8), dilanjutkan oleh Ridwan Kamil dan Suswono pada Sabtu (31/8), dan Dharma Pongrekun serta Kun Wardana pada Minggu (1/9).

Kepala Divisi Teknis KPU DKI Jakarta, Doddy Wijaya, sebelumnya menyatakan bahwa urutan tes kesehatan ini disusun berdasarkan jadwal pendaftaran resmi masing-masing pasangan calon ke KPU.

“Misalnya, jika Ridwan Kamil dan Suswono sudah terkonfirmasi hadir pada tanggal 28, maka mereka akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada tanggal 30,” ungkap Doddy pada Selasa (27/8).

Dengan resminya pendaftaran tiga pasangan calon ini, Pilgub Jakarta 2024 dipastikan akan menjadi ajang persaingan yang menarik dengan berbagai dukungan dari koalisi partai-partai besar di Indonesia.

(DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.