AS Juara Umum Olimpiade 2024 Disusul Tuan Rumah, Perancis

oleh -0 Dilihat
Olimpiade

Diskursus Network – Amerika Serikat (AS) berhasil menjadi juara umum pada Olimpiade Paris 2024. Keberhasilan ini dicapai dengan cara dramatis, setelah tim basket putri Amerika meraih medali emas pada pertandingan terakhir melawan tuang rumah, Perancis. Pertandingan final basket putri yang digelar di Bercy Arena pada Minggu (11/08/2024) malam waktu setempat, menyaksikan tim basket putri Amerika, yang dipimpin oleh A’ja Wilson dan rekan-rekannya, mengalahkan tim tuan rumah Perancis dengan skor tipis 67-66.

Kemenangan ini sangat penting bagi Amerika Serikat karena medali emas tersebut membuat mereka berhasil menyamai jumlah medali emas yang diraih oleh kontingen China. Dengan demikian, baik AS maupun China sama-sama mengoleksi 40 medali emas. Namun, Amerika Serikat unggul dalam total perolehan medali, dengan jumlah keseluruhan 126 medali, terdiri dari 40 emas, 44 perak, dan 42 perunggu.

Baca juga: Indonesia Peringkat Kedua Klasemen Akhir Olimpiade 2024 Negara ASEAN

Sementara itu, China mengumpulkan total 91 medali, terdiri dari 40 emas, 27 perak, dan 24 perunggu. Dengan perolehan ini, Amerika Serikat berhak menyandang gelar juara umum Olimpiade Paris 2024.

Jepang melengkapi posisi tiga besar dengan total 45 medali, yang terdiri dari 20 emas, 12 perak, dan 13 perunggu. Selanjutnya, Australia dan Perancis, sebagai tuan rumah, menempati posisi keempat dan kelima dalam klasemen akhir Olimpiade Paris 2024.

olimpiade
Klasemen akhir Olimpiade Paris 2024.(Olympic.com)

Di sisi lain, kontingen Indonesia mengakhiri Olimpiade 2024 di peringkat ke-39 dengan perolehan tiga medali. Dua di antaranya adalah medali emas yang diraih oleh Veddriq Leonardo di cabang olahraga panjat tebing dan Rizki Juniansyah di angkat besi. Sementara itu, satu medali perunggu diperoleh dari cabang bulu tangkis tunggal putri oleh Gregoria Mariska Tunjung.(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.