Aksi Tom Cruise di Penutupan Olimpiade 2024: THANK YOU PARIS!

oleh -0 Dilihat
tom cruise
Asksi aktor Tom Cruise dalam penurupan Olimpiade Paris 2024.(Olympics)

Diskursus Network – Aktor Hollywood Tom Cruise mencuri perhatian dengan aksi spektakuler saat menyerahkan bendera Olimpiade kepada Los Angeles dalam upacara penutupan Olimpiade Paris 2024, Minggu (11/08/2024). Dalam momen yang menggabungkan kilauan Hollywood dan tradisi Olimpiade, Cruise menuruni atap Stadion Nasional Prancis dan menerima bendera Olimpiade, sebelum menyerahkannya kepada tuan rumah Olimpiade berikutnya, Los Angeles.

Musisi pemenang Grammy, H.E.R, membuka adegan tersebut dengan memainkan soundtrack Mission Impossible saat Cruise melakukan aksi turun setinggi 50 meter di Stade de France. Adegan ini memukau para penonton yang menyaksikan upacara penutupan yang menggabungkan elemen tradisional, unik, dan pesona Hollywood.

Olimpiade Paris 2024 berhasil menghidupkan kembali semangat Olimpiade yang sempat redup akibat kesulitan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan semangat yang terasa hampa pada Olimpiade Tokyo yang terdampak pandemi COVID-19. Bahkan warga Paris pun terbawa oleh euforia Olimpiade.

“Kami ingin bermimpi, dan kami mendapatkan Leon Marchand,” kata Tony Estanguet, ketua Olimpiade Paris 2024 seperti dapat disaksikan di kanal resmi Olympics, mengacu pada perenang Prancis yang memenangkan empat medali emas. “Paris berubah menjadi pesta, dan Prancis menemukan kembali dirinya. Dari negara yang sering mengeluh, kita menjadi negara penggemar yang penuh semangat.”

Selama dua pekan berlangsungnya Olimpiade, China dan Amerika Serikat bersaing ketat untuk memperebutkan posisi teratas di tabel medali hingga acara terakhir. Momen memilukan terjadi bagi Prancis ketika tim bola basket putri Amerika Serikat mengalahkan Prancis hanya dengan selisih satu poin untuk meraih medali emas ke-40 mereka, memastikan posisi teratas di tabel medali.

Baca juga: AS Juara Umum Olimpiade 2024 Disusul Tuan Rumah, Perancis

Ketika dunia mulai pulih dari pandemi COVID-19 pada tahun 2022, Paris menjanjikan Olimpiade sebagai “cahaya di ujung terowongan” dan menjadi panggung bagi pesta olahraga yang meriah. Namun, bayang-bayang perang Rusia di Ukraina, konflik di Timur Tengah, dan kewaspadaan keamanan yang tinggi di Prancis menjadi latar belakang saat Olimpiade berlangsung.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, mengapresiasi para atlet saat ia menyatakan Olimpiade resmi ditutup. “Selama ini, kalian hidup damai bersama di satu atap di Desa Olimpiade. Kalian saling menghormati, meskipun negara kalian terpecah oleh perang dan konflik. Kalian menciptakan budaya damai,” kata Bach.

tom cruise
Aksi Tom Cruise di penutupan Olimpiade Paris 2024.(Olympics)

Setelah aksi Cruise yang mengendarai motor keluar dari stadion, upacara penutupan beralih ke video rekaman sebelumnya yang menunjukkan aktor berusia 62 tahun tersebut melakukan skydiving menuju tanda Hollywood, di mana simbol cincin Olimpiade terlihat diintegrasikan ke dalam tanda tersebut.

Bendera Olimpiade kemudian dipindahkan dari satu atlet Olimpiade Amerika Serikat ke atlet lainnya saat melintasi kota Los Angeles, sebelum mencapai pesta pantai yang menampilkan penampilan dari ikon musik LA seperti Red Hot Chili Peppers, Billie Eilish, Snoop Dogg, dan Dr. Dre.

Skandal dan Kontroversi Olimpiade Paris 2024

Baca juga: Indonesia Peringkat Kedua Klasemen Akhir Olimpiade 2024 Negara ASEAN

IOC merasa lega bahwa tidak ada skandal besar yang mencuat, meskipun ada beberapa kontroversi yang harus dihadapi. Perselisihan doping yang melibatkan atlet China membayangi kompetisi renang Olimpiade, di mana Amerika Serikat menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan dominasi mereka.

Selain itu, masalah kelayakan gender yang muncul dalam kompetisi tinju wanita menyoroti hubungan yang kurang baik antara IOC dan Asosiasi Tinju Internasional yang banyak dikritik.

Sementara itu, pembersihan Sungai Seine yang menelan biaya $1,5 miliar membuahkan hasil dengan menampilkan pemandangan spektakuler para atlet triatlon dan perenang maraton yang bertanding di sungai tersebut, tanpa adanya wabah penyakit.

Olimpiade Paris 2024 berhasil memberikan pengalaman yang tak terlupakan, dan kini semua mata tertuju pada Los Angeles yang akan menjadi tuan rumah berikutnya pada tahun 2028.(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.