WHO Kirim Satu Juta Vaksin Ke Gaza, Cegah Anak-Anak Terinfeksi Virus Polio

oleh -0 Dilihat
Gaza Israel vaksin
Khawatir Wabah Polio Merebak di Gaza, WHO Kirimkan Satu Juta Vaksin (Foto: Eye on Palestine)

Jakarta – Situasi kesehatan di Gaza semakin memburuk dan membahayakan keselamatan ribuan anak-anak yang masih bertahan hidup terutama ancaman wabah Polio yang terdeteksi pada sampel limbah pengungsi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirimkan lebih dari satu juta vaksin polio ke Gaza untuk diberikan selama beberapa minggu mendatang.

Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, berharap vaksin ini dapat mencegah anak-anak Palestina di Gaza tertular setelah virus polio terdeteksi dalam sampel limbah pada Jumat, 26 Juli 2024.

“Meskipun belum ada kasus polio yang tercatat, jika tidak ada tindakan segera, maka hanya masalah waktu saja sebelum penyakit ini menjangkau ribuan anak yang tidak terlindungi,” kata Tedros

Ia menulis bahwa anak-anak balita adalah kelompok yang paling berisiko terkena penyakit virus ini, terutama bayi di bawah usia dua tahun, karena program vaksinasi normal terhenti oleh serangan Israel ke Gaza selama lebih dari sembilan bulan.

Baca Juga: 1 Juta Orang Warga Gaza Kelelahan Terperangkap Dalam Serangan Zionis Israel

Virus poliomyelitis sangat menular yang dapat menyerang sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan. Kasus polio telah menurun sebesar 99 persen di seluruh dunia sejak 1988 berkat kampanye vaksinasi massal dan upaya yang terus dilakukan untuk memberantas penyakit tersebut sepenuhnya.

Militer Israel mengatakan pada Ahad bahwa mereka akan mulai menawarkan vaksin polio kepada tentara yang bertugas di Jalur Gaza setelah sisa-sisa virus ditemukan dalam sampel uji di wilayah tersebut.

Selain polio, PBB pekan lalu melaporkan peningkatan kasus Hepatitis A, disentri, dan gastroenteritis karena kondisi sanitasi yang memburuk di Gaza, dengan limbah yang tumpah ke jalan-jalan dekat beberapa kamp pengungsi.

Serangan Hamas pada 7 Oktober mengakibatkan kematian 1.197 orang di Israel, berdasarkan angka resmi Israel. Serangan balasan Israel terhadap Hamas telah menewaskan sedikitnya 39.175 warga Palestina di Gaza, menurut Kementerian Kesehatan, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak.

(DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.