Perdana Menteri Australia, Selandia Baru dan Kanada Sepakat Serukan Gencatan Senjata di Gaza

oleh -0 Dilihat
Perdana Menteri
Perdana Menteri Australia, Kanada dan Selandia Baru Mendesak Israel Segera Lakukan Gencatan Senjata di Gaza

Jakarta – Pemimpin tiga negara yaitu Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, Christopher Luxon PM Selandia Baru, dan Justin Trudeau PM Kanada mengeluarkan pernyataan bersama yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza.

“Sebagai langkah yang sangat mendesak, diperlukan gencatan senjata segera,” bunyi pernyataan tersebut. “Warga sipil harus dilindungi, dan peningkatan berkelanjutan dalam aliran bantuan ke seluruh Gaza diperlukan untuk menangani situasi kemanusiaan.”

Ketiga pemimpin tersebut mendesak Israel untuk menanggapi keputusan Mahkamah Internasional yang menyatakan bahwa pendudukannya di wilayah Palestina adalah ilegal.

Baca Juga: Doctors Without Borders: Krisis Kesehatan di Gaza Memburuk, Medis Kekurangan Obat

“Kami menyerukan kepada Israel untuk menanggapi secara substantif opini penasihat ICJ, dan memastikan akuntabilitas atas tindakan kekerasan yang terus terjadi terhadap warga Palestina oleh pemukim ekstremis, membalikkan perluasan permukiman di Tepi Barat yang melanggar hukum internasional, dan bekerja menuju solusi dua negara,” bunyi pernyataan tersebut.

“Kami sangat prihatin dengan prospek eskalasi lebih lanjut di seluruh wilayah.”

Dengan pernyataan ini, para pemimpin Australia, Selandia Baru, dan Kanada menunjukkan kekhawatiran serius mereka terhadap situasi yang semakin memanas di Gaza dan menekankan perlunya langkah-langkah konkret untuk melindungi warga sipil serta memfasilitasi bantuan kemanusiaan.

Mereka juga menekankan pentingnya akuntabilitas dan kepatuhan terhadap hukum internasional dalam mengatasi konflik ini.

(DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.