Gempa di Kuningan, Beberapa Bangunan dan Rumah Retak-Retak

oleh -0 Dilihat
gempa
Penampakan Bagian Dalam Rumah Warga Kuningan Yang Rusak Akibat Gempa (Foto: BPBD Kuningan)

Jakarta, Gempa bumi dengan Magnitudo 3,9 kembali mengguncang kabupaten Kuningan Jawa Barat Pada hari Jumat (26 Juli) pukul 10:49 WIB, lokasi gempa di darat pada 6 km arah barat laut Kuningan dengan kedalaman 8 km.

Sehari sebelumnya gempa juga terjadi gempa di kabupaten Kuningan dengan magnitudo 4,1 skala pada Kamis (25/7) pukul 17.36 WIB. Episenter gempa di kedalaman 5 kilometer, tepatnya di darat sekitar satu kilometer tenggara Kabupaten Kuningan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa gempa pada hari Kamis  berdampak pada dua desa dan dua kelurahan di tiga kecamatan, yaitu Kelurahan Ciporang dan Kelurahan Purwawiangun di Kecamatan Kuningan, Desa Kertawirama di Kecamatan Nusaherang, dan Desa Jagara di Kecamatan Darma.

Gempa dirasakan cukup kuat selama 3 hingga 5 detik, menyebabkan warga panik dan bergegas keluar rumah.

Meskipun demikian, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam peristiwa ini. Namun, sembilan unit rumah dan satu fasilitas ibadah mengalami kerusakan ringan.

Baca Juga: Gempa Guncang Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Dengan Magnitudo 4.4

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Ceremai. Hingga saat ini, penyebab gempa belum bisa diidentifikasi dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan terus melakukan koordinasi dan monitoring serta melaporkan perkembangan pasca gempa.

BPBD juga menghimbau warga untuk tetap tenang, siaga, dan waspada, serta tidak termakan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Masyarakat diharapkan untuk mengikuti informasi resmi dari pemerintah dan lembaga terkait untuk menghindari kepanikan dan penyebaran informasi yang tidak akurat.

(DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.